Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Loyalitas Merek (Survey Pelanggan pada Delima Hijab Bandung)

Fadhilah Boyke Wandara, Septiana A. Estri

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out the application of social media marketing conducted by Delimahijab. Indonesia, to find out the customer response about social media marketing produced by Delimahijab, to know the brand loyalty to Delimahijab products, and to find the great influence of media marketing social to brand loyalty Delimahijab. The research conducted is descriptive and verifikatif, which is descriptive to explain an event, and verifikatif to know the influence of media marketing to brand loyalty. This research is conducted by collecting data through interviews and questionnaires so as to provide a clear picture of the object under study and then drawn conclusions. The population of this research is Delimahijab customer. Samples taken are Delimahijab customers with the number of 100 respondents. The results of this study indicate the influence of social media marketing on brand loyalty with p = 0.000, the result of series 0,642 (R = 0,642), and determinant (R-Square / R2) equal to 41,2%. There is an influence between social media marketing on brand loyalty.

Keywords: Social Media Marketing, Brand Loyalty.

 

  

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Delimahijab, untuk mengetahui tanggapan pelanggan tentang pemasaran media sosial yang dihasilkan oleh Delimahijab, untuk mengetahui loyalitas merek terhadap produk Delimahijab, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek Delimahijab. Penelitian yang dilaksakan ini bersifat deskriptif dan verifikatif, dimana deskriptif bertujuan untuk menjelaskan suatu kejadian, dan verifikatif bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan kuisioner sehingga memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Delimahijab. Sampel yang diambil adalah pelanggan Delimahijab dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.642 (R = 0.642), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 41,2%. Artinya terdapat pengaruh antara pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek

Kata Kunci: Pemasaran Media Sosial, Loyalitas Merek


Keywords


Pemasaran Media Sosial, Loyalitas Merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David & Biel, L. 2006. Loyalitas Merek dan Periklanan. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Afifah, Khansa. 2016. Yogyakarta. Pengaruh Social media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness.

Ahmed, Zohaib. 2014. "Effect of brand trust and customer satisfaction on brand loyalty in Bhawalpur". Jurnal International Department of Management Sciences, The Islamia

University of Bahawalpur (Pakistan). Journal Of Sosiological Research (Online).

Amalina, A. 2016. Pengaruh Social media Marketing terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1-12.

Alshomrani. S., Qamar, S., Jan, S., Khan, I., Shah, I.A., 2012, "Qos of VOIP over WiMAX Access Network", International Journal of Computer Science and Telecommunications, vol. 3, no. 4, pp., 92-98

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53(1). p. 61.

Ariadi, S., & Saino. 2014. Pengaruh Media Sosial Tiwitter terhadap Loyalitas Merek Indosat IM3. Jurnal Ilmu Manajemen, 2

As'as, H. A.-R & A. Y. Alhadid, 2014, The Impact of Social media Marekting on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Review of Integrative

Business & Economics Research, 3(1), 315-326.

Durianto, Darmadi. (2001). STRATEGI MENAKLUKAN PASAR melalui Riset Ekuitas dan Perilaku. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Erdogmus & Cicek. (2012). The Impact of Social media Marketing on Brand Loyalty. Journal of Social and Behavioral Sciences, 58, 1353-1360

Giddens. 2002. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Ahli Bahasa : Dwi Kartini Jaya. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta: Erlangga.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lovelock, C.H, Wright, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Penerbit PT. Indeks, Jakarta. Lovelock, C.H, Wirtz, J. (2011). Service Marekting People, Technology, Strategy, Perarson.

Mangold, Glynn and Faulds, David, 2009. "Social media: The New Hybrid Elemen of The Promotion Mix" ScienceDirect, Volume 52 Nomor 1, hal 357-365.

Maoyan, Zhujunxuan, Sangyang (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social media Marketing, International Journal of Business and Social Science Vol. 5, No.

(1).

Mowen John C., Minor Michael. 2002. Perilaku konsumen jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Edisi Kelima, Jakarta: Grafika Indonesia.

Neti, S. (2011). Social media and It's Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1(2)

Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi 7. Prentice Hall. Jakarta. Setiadi, N. J. 2005. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana

Simamora, Vivin Junianti. 2016. Yogyakarta. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek.

Sumitha, R & Beegam, Resia. 2014. Building Brand Loyalty Through Social media Marketing, Commerce, vol. 3, issue 7, pp. 49.

Suryadhinata, R.H., dan Dimas Hendrawan. 2006. Malang. Pengaruh Social media Marketing Terhadap Loyalitas Merek.

Vidyawati, Pradana. 2009. Semarang. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek.

Wibiseno, S., Rizky, F., Singgih, S. P., dan Meyliana. (2014). Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Loyalitas Brand.

Wiharto, Bambang. 2002. Peran Mekanisme Agensi, Kepercayaan dan Komitmen dalam Membangun Nilai dan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Pemasaran Jasa Relasional. Disertasi. Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Indonesia.

Zulfikar, Alif Ryan. 2017. Yogyakarta. Pengaruh Social media Marketing terhadap Brand

Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa. https://www.ama.org/AboutAMA/Pages/Definition-of-Marketing.aspx https://www.forbes.com/sites/jaysondemers/2014/08/11/the-top-10-benefits-of-social-media- marketing/#6f029e11f80d

https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram https://id.wikipedia.org/wiki/Line https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter https://wearesocial.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10382

Flag Counter