Analisis Kinerja Sistem Rantai Pasok Telur Ayam dalam Peternakan Pembibitan Ayam Dengan Menggunakan Metode Scor (Supply Chain Operations Reference) pada PT.Galur Prima Cobbindo di Sukabumi

Ratu Rahayu Sekarputri, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract. This study aims to find out how the implementation of supply chain in PT.Galur Prima Cobbindo and how supply chain performance in PT.Galur Prima Cobindo with SCOR Method. The research method used in this case study study while the type of this research is quantitative decriptive research. Data collection techniques in this study by making observations, interviews and collection of documents related to the research. Analysis of data used by using Supply Chain Operation Reference (SCOR) method. The result of this research is supply chain at PT. This Prima Cobbindo line has several parties involved including collecting dealers, small agents and wholesale agents (usually wholesalers) that are usually located in conventional markets, modern markets, institutional consumers (hotels, hospitals, restaurants), and food processors. Results of supply chain performance calculation by SCOR method, delivery performance at PT. Prima Cobbindo is good but Perfect Order Fullfilment on PT.Galur Prima Cobbindo is still not good.

Keywords: Supply Chain Performance, Supply Chain Operation Reference (SCOR) Method.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supply chain pada PT.Galur Prima Cobbindo dan bagaimana kinerja supply chain di PT.Galur Prima Cobindo dengan Metode SCOR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian dekripstif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR). Hasil dari penelitian ini adalah supply chain pada PT. Galur Prima Cobbindo ini ada beberapa pihak yang terlibat diantaranya pedagang pengumpul, agen kecil dan agen besar (grosir) yang biasanya berlokasi di pasar-pasar konvensional, pasar modern, konsumen lembaga (hotel, rumah sakit, restoran), dan pengolah makanan. Hasil perhitungan kinerja supply chain dengan metode SCOR ,kinerja pengiriman pada PT. Galur Prima Cobbindo sudah baik namun Perfect Order Fullfilment pada PT.Galur Prima Cobbindo masih kurang baik.

Kata kunci: Kinerja Rantai Pasok, Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR).


Keywords


Kinerja Rantai Pasok, Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR)

Full Text:

PDF

References


Chopra,S., and Meindl, P. 2002. Supply chain management : strategy, planning, and operations. New Jersey-Prentice Hall

Davis, Keith. 2007. Perilaku dalam organisasi. Jakarta : PT.Erlangga

Gasperz, Vincent . 2013. All-in- One Integrated Total Quality Talent Management. Jakarta : PT.Percetakan DKU

Harjanto, Eddy, 2007, Manajemen Operasi, Jakarta : Grasindo

Hartono, Jogiyanto. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi 5. BPFE-Yogyakarta

Hasibuan, Malayu S.P, 2004, Manajemen : Edisi Revisi. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Heizer, Jay & Barry Render, 2005, Operation Management, 7 th ed, New Jersey : Prentice Hall

Indrajit,R.E. R. Djoko Pranoto. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain Chain. Jakarta : Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10376

Flag Counter   Â