Usulan Perbaikan Tata Letak Perkantoran di PT. Brodo Ganesha Indonesia Dengan Menggunakan Software Blocplan (Studi Kasus : PT. Brodo Ganesha Indonesia)

Mohamad Enggar Fajrilah, Aviasti Aviasti, A. Harits Nu,man

Abstract


PT. Brodo Ganesha Indonesia (BGI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri retail fashion dengan berbagai macam produk yang dihasilkan mulai dari sepatu kulit, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya. PT. BGI merupakan perusahaan yang sedang berkembang dan memiliki banyak aktivitas diantaranya aktivitas Supply Chain Management (SCM) dan logistik, produksi, pengendalian kualitas produk, manajemen hubungan dengan pelanggan, manajemen hubungan dengan supplier dan vendor, manajemen sumber daya manusia, distribusi produk research and development, memasarkan dan menjual produk serta memanajemen arus kas keuangan perusahaan. Banyaknya departemen dan divisi pada PT. BGI tentu memiliki banyak aktivitas dan tugas pokok yang saling berkaitan antar pegawai, divisi dan departemen. Berdasarkan observasi di lapangan, susunan penempatan tata letak perkantoran di PT. BGI saat ini belum tersusun secara optimal, dimana posisi antar divisi dan departemen tidak berada dalam satu lingkup perkantoran. Dalam hal ini, divisi SCM berada pada lingkup pergudangan, disamping itu kedekatan tata letak perkantoran antar divisi satu dengan divisi yang lainnya berada pada lingkup yang tidak sesuai dengan alur proses bisnis (tidak terkoordinasi), kurangnya pemanfaatan pada space ruang kosong dan penggunaan luas ruangan yang belum optimal. Permasalahan pada ketidak optimalan tata letak perkantoran PT. BGI dapat memberikan dampak bagi perusahaan, karena aliran informasi tidak tersampaikan dengan baik, rangkaian pekerjaan tidak terkontrol yang disebabkan oleh posisi ruangan yang berjauhan. Permasalahan ini dapat dislesaikan dengan pendekatan Improvement Method dengan bantuan software Blocplan. Hasil dari usulan ini ialah layout perkantoran dengan mempertimbangkan jarak dan nilai hubungan kedekatan antar fasilitas.


Keywords


Layout, Improvement Method, Blocplan

References


Apple, James M. 1990. Tata letak pabrik dan pemindahan bahan. Diterjemahkan oleh Nurhayati M. T. 2005. Edisi Ketiga. Bandung : ITB.

Nu'man, A. H., 2013. Perencanaan Tata Letak Fasilitas. Bandung: UPT Pusat Pembinaan dan Laboratorium Bahasa UNISBA.

Purnomo, Hari., 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sedarmayanti, 2009. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sukoco, B. M., 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.

Nuraida, I., 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: PT Kanisius (Anggota IKAPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8524

Flag Counter    Â