Perbaikan Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Strategi Zipper pada Wearhouse Premium Store Bandung

Muhamad Fharid, Yan Orgianus

Abstract


Wearhouse Premium Store merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan berbagai macam produk fashion yang beralamat di Jl. Dewi Sartika No. 33 Bandung. Berdasarkan hasil pengamatan selama tiga bulan ke belakang dan melihat hasil data penjualan enam bulan terakhir, diketahui bahwa terjadi penurunan penjualan eceran. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti sepinya toko saat hari libur, kurangnya promosi dari pihak manajemen, dan perbedaan pelayanan terhadap pelanggan retail dan eceran sehingga membuat kurangnya hubungan yang baik dengan pelanggan eceran. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka perlu dilakukan perbaikan pelayanan kualitas. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis faktor, metode servqual, dan strategi zipper serta penyebaran kuesioner dengan lima dimensi yakni tangible, reability, responsiveness, assurance, dan emphaty.    Berdasarkan hasil pengolahan data yag telah dilakukan, diketahui nilai kualitas pelayanan terhadap tingkat pelayanan di Wearhouse Premium Store Bandung menunjukkan nilai negatif yakni sebesar -0,059. Nilai tersebut mencerminkan tingkat kepuasaan pelayanan pelanggan yang tidak memuaskan. Adapun usulan perbaikan yang diberikan antara lain karyawan mampu berkomunikasi dengan baik serta memberikan penjelasan mengenai produk dengan baik dan detail, kualitas produk yang baik dimulai dengan melakukan pengecekan sebelum barang sampai ke tangan pelanggan, dan perusahaan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada karyawan sebelum melakukan pekerjaannya.


Keywords


Analisis Faktor, SERVQUAL, Zipper

References


Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Ed Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brysland, A. & Curry, A. 2001. Service Improvement in Public Services Using SERVQUAL. Managing Service Quality.

Deming, W. Edward. 1982. Out of Crisis : Quality, Productivity, and Competitive Position.. Cambridge: Cambridge University Press.

Dillon W.R & Goldstein, Mathew. 1984. Multivariat Analysis Method and Application. New York: John Wiley and Sons.

Garvin, A. David. 1988. Managing Quality. New York: The Free Press.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: How To Keep It, How To Earn It. Edisi Revisi, Bahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan, Alfabeta, Bandung.

Kachigan, S.K. 1986. Statistical Analysis. New York: Radius Press.

Kotler, Philip. 2001. Marketing. Jakarta: Erlangga.

Lukas, Ade. 2001. Customer Relationship Management, CRM Slide Presentation. Jakarta: Ciptamaya.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Masri, Singarimbun. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parasuraman, A., Zeithmal, V.A., & Berry, L.L. 2007. Reassesment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality : Implications for Future Research. Journal of Marketing.

Simamora. 2003. Membongkar Kotak Hitam Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid, R&D. Bandung: ALFABETA.

Supranto, J. 2010. Statistika. Jakarta: Erlangga.

Sutalaksana, Iftikar, dkk. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Departemen Teknik Industri ITB Bandung.

Timm, R. Paul. 2001. Seven Power Strategies For Building Customer Loyalty. New York: Amacom.

Tjiptono, Fandy. 2001. Kualitas Jasa : Pengukuran, Keterbatasan, dan Implikasi Manajerial. Jakarta: Majalah Manajemen Usahawan Indonesia

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wagner, William dan Michael, Zubbey. 2007. Customer Relationship Management: A People, Process, And Technology Approach. Boston: Thomson Course Technology.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8410

Flag Counter    Â