PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI RAJUT MENGGUNAKAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC) (STUDY KASUS: CV SUHO GARMINDO BANDUNG)

Nova Sagita, Agus Nana Supena, Djamaludin Djamaludin

Abstract


Informasi adalah salah satu sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi yang dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting seiring dengan rumitnya persaingan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat. Semua aktivitas manusia membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Sistem informasi saat ini memainkan peran penting dalam pengembangan dan kemajuan, terutama di dunia bisnis. Manusia dituntut untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien. Pada penelitian ini bertujuan untuk menyelaraskan aliran Sistem Informasi dan merancang Sistem Informasi Produksi Rajut di CV Suho Garmindo. Sistem Informasi Produksi Rajut membutuhkan langkah yang harus dilakukan agar aliran sistem tersebut terstruktur dengan baik dan berjalan secara efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk merancang Sistem Informasi ini adalah model System Development Life Cycle (SDLC). Sedangkan pada tahap analisis dan perancangan sistem dilakukan dengan pendekatan tersktruktur. Analisis sistem berdasarkan hasil pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Perancangan sistem dijabarkan melalui perancangan Data Flow Diagram (DFD), perancangan basis data menggunakan notasi  Entity Relationship Diagram (ERD),  perancangan antar muka, perancangan proses, dan perancangan keluaran.

Keywords


System Development Life Cycle (SDLC), Data Flow Diagram

References


Davis, Gordon B. (1985). Sistem Informasi manajemen: Struktur dan Pengembangannya. terjemahan edisi I. Jakarta: PT. Pustaka Binamon Pressindo

Fathansyah. (1999). Basis Data. Bandung: Informatika

George M.Scott. (2001). Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mc.Graw-Hill, inc.

Indrajit, R. (2000). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: P.T Gramedia.

Jogianto, H. (1995). Analisis dan Disain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogianto, H. (1999). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto, H. (2001). Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kendall, K. K. (2013). System Analysis and Design. 8th ed. USA: Pearson Education, Upper Saddle River, New Jersey.

Kristanto, H. (2000). Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset

O'Brien, R. (1998). Formulating and Processing for Applications. New York: Technomic.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.716

Flag Counter    Â