Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. Retailindo)

Fathia Yasmine, Iyan Bachtiar, Asep Nana Rukmana

Abstract


Abstract. Every business organization has goals and objectives to be achieved in order to improve the sustainability of its business, the performance measurement is required for the company to find out to what extent the company's performance. PT. Retailindo Jaya is a company in the retail sector where the company never did business performance measurement, so it is necessary to measure performance in order to know the state of the company. Based on this problem, the formulation of the problem, namely: (1) The existence of a complaint from the company that the company's performance is not maximized. (2) How is the translation of the vision, mission, goals and strategies into the company's strategic objectives? (3) How is the translation of the target company's strategy? (4) What steps to mapping the strategic objectives of the company? This study using Balanced Scorecard where this method consists of four main perspectives. In this study, the data sources were covered by internal data, literature and questionnaires using a sampling method where the number of respondents is 96 respondents who have been tested through the Slovin method. Results obtained from this research is of strategic objectives on the Financial Perspective, namely optimizing ROA, increased revenue and sales. For Customer, perspective is increased market share, customer, customer satisfaction. For Internal business, process perspective is product innovation, quality improvement and optimization of assets. For Learning and growth perspective is increased productivity, employee satisfaction and employee development.

 

Abstrak. Setiap organisasi bisnis memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai agar dapat meningkatkan keberlangsungan bisnisnya, oleh karena itu diperlukan pengukuran kinerja agar perusahaan dapat mengetahui sejauh apa kinerja perusahaannya. PT. Retailindo Jaya merupakan perusahaan yang berada dalam bidang retail dimana didalam menjalankan bisnisnya perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja bisnisnya, sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja agar dapat diketahui keadaan perusahaan. Berdasarkan permasalahan ini maka dilakukan perumusan masalah yaitu: (1) Adanya keluhan dari pihak perusahaan bahwa kinerja perusahaan belum maksimal. (2) Bagaimanakah penjabaran visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategi? (3) Bagaimana penjabaran sasaran strategi perusahaan? (4) Bagaimana langkah memetakan sasaran strategi perusahaan? Penelitian ini menggunakan Balanced Scorecard dimana metode ini terdiri atas empat perspektif utama. Didalam penelitian ini sumber data yang dimiliki terdiri atas data internal, studi pustaka serta kuesioner menggunakan metode sampling dimana banyaknya responden sebesar 96 responden yang telah diuji melalui metode Slovin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sasaran strategi pada Perspektif Keuangan yaitu optimalisasi ROA, peningkatan pendapatan dan penjualan. Perspektif Konsumen yaitu peningkatan pangsa pasar, pelanggan dan kepuasan pelanggan. Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi produk, peningkatan kualitas dan optimalisasi aset. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu peningkatan produktivitas, kepuasan karyawan dan pengembangan karyawan.


Keywords


Balanced Scorecard, Performance, Strategic Goal

References


Ceha, R., Prasetyaningsih, E., & Bachtiar, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian), 131-138.

Kaplan, Robert S. and David P. Norton, 2000, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi menjadi Aksi (terjemahan), Erlangga : Jakarta

Luis, Suwardi. 2007 .Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecard. Gramedia, Jakarta.

Muhammad, C. R., Rukmana, A. N., Baginda, M. A., & Produksi, L. S. Perancangan Sistem Kanban Pada Lingkungan Job Shop Dengan Pendekatan Group Technology.

Mulyadi dan Johny, Setyawan. 1999. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.

Mulyadi.2001.Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Edisi 2. Salemba Empat : Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.6181

Flag Counter    Â