Perancangan Strategi Pemasaran Produk Susu Olahan KPBS dengan Metode Analisis SWOT dan Metode 5W1H (Studi Kasus : Pemasaran Ritel Keliling KPBS)

Sarah Nisa Utami, Nugraha Nugraha, Aswardi Nasution

Abstract


Abstract. KPBS is a cooperative that is engaged in the field of livestock and produce processed daity product. In the process the company is focused on various fields, to be able to compete with the company should be appropriate in creating product marketing strategy. Marketing is related to the initial process of raw material to the final product for the consumer. The main objective of the marketing strategic planning confirm that firms be able to see the  internal conditions of the company objectively (strengths and weaknesses), thus the company can anticipate any changes of external environment (threats and opportunities) of a market targeted product marketing companies. The design of the product marketing strategy can be conducted by using SWOT analysis methodThe concepted strategy then arranged the application of strategies using 5W1H. The SWOT analysis obtained twelve marketing strategy for KPBS are SO strategy (the power-chances), WO (weaknesses-opportunities), ST (strength-threat), and WT (weaknesses and threats). But the strategy prioritized into five key strategic priorities of KPBS which makes training and human resources development, improving packaging design and quality of packaging products, adding varians of flavors, making the price board on retail fleet of roving, adding new marketing methods, namely food truck in this vital region West Java tourism (Bandung and Bandung District). Of the 12 such strategy is to design the application with 5W1H.

 

Abstrak. KPBS merupakan koperasi yang bergerak pada bidang peternakan dan menghasilkan produk susu olahan. Dalam prosesnya perusahaan berfokus pada berbagai bidang, namun untuk dapat bersaing perusahaan haruslah tepat dalam memasang strategi pemasaran produk. Pemasaran merupakan hal yang berkaitan dengan proses awal bahan baku hingga produk sampai pada tangan konsumen. Tujuan utama dari perencanaan strategi pemasaran yaitu agar perusahaaan dapat melihat secara objektif kondisi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan), dengan demikian perusahaan dapat mengantisipasi setiap perubahan lingkungan eksternal (ancaman dan peluang) suatu pasar yang menjadi sasaran pemasaran produk perusahaan. Perancangan strategi pemasaran produk dapat dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT. Strategi yang didapat selanjutnya rancangan pengaplikasian strategi dengan menggunakan metode 5W1H. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan dua belas strategi pemasaran untuk KPBS yaitu strategi SO (kekuatan-peluang), WO (kelemahan-peluang), ST (kekuatan-ancaman), dan WT (kelemahan-ancaman). Namun strategi diprioritaskan menjadi lima prioritas strategi utama dari KPBS yaitu membuat pelatihan dan pengembangan SDM, memperbaiki desain kemasan dan kualitas kemasan produk, menambahkan varian rasa, membuat papan harga pada armada ritel keliling, menambah metode pemasaran baru yaitu  food truck di wilayah vital wisata Jawa Barat (Kota Bandung dan Kabupaten Bandung). Dari ke 12 strategi tersebut dilakukan perancangan pengaplikasian dengan 5W1H. 


Keywords


strategy, Marketing, KPBS

References


Adi, Eka Rompoko. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma–DMAIC Dalam Upaya Mengurangi Angka Kecacatan Produk Bulu Mata Di PT. Tiga Putra Abadi Perkasa Purbalingga. Skripsi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Tersedia pada :< digilib.uin-suka.ac.id> [Diakses : 8.05.2016]

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kesepuluh. Bandung: Alfabeta.

Andiriani, Diana. 2013. Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Strategi Pelayanan Obat di Apotek K-24 (Studi Kasus Apotek K-24 Antapani). Jurnal. UNIKOM.

Tersedia pada : < http://jamika.mi.unikom.ac.id> [Diakses : 29 April 2016]

Arnold, J.R & Tony Chapman, N. Stephen. 2004. Introduction to Material Management. New Jersey : Prenticw-Hall Inc.

Assauri, sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

David, Fred R. 2009. Manajemen Strategi Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Edison. 2004. Usulan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Rilisan Rekaman Musik Di Cv. Record Bandung. Skripsi. Universitas Isalam Bandung.

Gaspersz, Vincent, DR. 2002. Pedoman Implementasi Program SIX SIGMA terintegrasi dengan ISO 9001:2000,MBNQA, dan HACCP. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasnodiharjo. 1993. Langkah-langkah menyusun kuesioner. III (2). P. 22-26.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management. Pearson Education Inc.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Levy and Weitz, 2004. Manajemen Retail. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat .

Makridakis, S. dan Wheelwright, S.C. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. Edisi Ke-2. Terjemahan Hari Suminto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Murahartawaty, S.T. 2006. Peramalan. Bandung : Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard Alat Manajemen Kontenporer untuk Pelipat ganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Putra, Isma Putra. 2005. Analisis pengukuran kinerja dengan metode balance score card (bsc) di cv mch sidoarjo. Tersedia pada :< ejournal.upnjatim.ac.id> [Diakses : 30.04.2016]

Putra, Yanuar Surya. 2014. Analisis Matriks Boston Consulting Grup ( Bcg ) Pada Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Pada Pt. Astra Honda Motor Tahun 2013). Vol 7. No 13. Tersedia pada : < jurnal.stieama.ac.id> [Diakses :29.04,2016]

Rahmat, Reni Maulidya. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Koko Jaya Prima Makasar. Skripsi. Universitas Hasanudin. Tersedia pada : [Diakses 18.03.2016]

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito

Saaty, T. Lorie. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Pustaka Binama Pressindo.

Sayfullah. 2013. Pengenalan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Tersedia pada: [Diakses: 29.04.2016].

Stepvhanie, Linda. 2012. Peramalan Penjualan Produk Susu Bayi Dengan Metode Grey System Theory Dan Neural Network. Skripsi. Universitas Indonesia.

Tersedia pada : < http://lib.ui.ac.id> [Diakses : 09.03.2016].

Syam, Saiful. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik Cair Pada Gapoktan Sipakainge. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Tersedia pada : < http://repository.unhas.ac.id> [Diakses : 18.03.2016].

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Retail. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.5781

Flag Counter    Â