USULAN DESAIN PRODUK SEPATU PANTOFEL WANITA DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI CV. MADAS

Meidasari Meidasari, Dewi Shofi, Iyan Bachtiar

Abstract


Persaingan yang semakin ketat pada industri sepatu membuat perusahaan harus memiliki strategi atau melakukan inovasi terhadap produk yang ada saat ini agar dapat bersaing dengan pesaing lainnya untuk menawarkan suatu produk yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. CV. MADAS merupakan suatu perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam alas kaki wanita. Jenis-jenis alas kaki wanita yang diproduksi CV. MADAS adalah sepatu pantofel, sandal, sepatu semi boots, sepatu let (belakang terbuka menggunakan karet). Namun, pada penelitian ini di fokuskan pada sepatu pantofel, karena sepatu pantofel pada CV. MADAS tidak melakukan inovasi produk selama 6 (enam) tahun. Hal ini mengakibatkan pelanggan merasa jenuh terhadap desain sepatu pantofel dan dampak yang di rasakan perusahaan menurunnya tingkat penjualan sepatu pantofel disetiap bulannya.

Berdasarkan hal tersebut secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi terhadap sepatu pantofel dengan mendengarkan suara konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD), terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu : perencanaan produk, perencanaan komponen, perencanaan proses dan perencanaan produksi. Alat yang digunakan dalam proses pengambilan data dilapangan adalah kuesioner.

Dari hasil pengolahan data dan analisis menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan pada sepatu pantofel ini terdapat pada bahan baku yang digunakan dari awalnya menggunakan kulit sapi kini menggunakan bahan bludru guna menekan biaya produksi, model hak sepatu dibuat bervariasi sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen akan sepatu pantofel berbeda-beda, penggantian bahan pada tapak sepatu agar tidak licin serta harga sepatu yang lebih murah.

Keywords


Quality Function Deployment (QFD)

References


- Abdul Rahman dan Supomo Heri, 2012, “Analisis Kepuasan Pelanggan pada Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)â€. Volume 1, No.1

- Akao, Y., 1990. Quality Function Deployment : Integrating Customer Requirements Into Product Design, Productivity Press. Portland, Oregon.

- Aryani Dwi dan Rosinta Febrina, 2010.â€Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelangganâ€.Volume 17, No. 2

- Cohen L, 1995, Quality Function Development: How to Make QFD Work for You, Massachusset. Addison-Wesley Publishing Company.

- Dale, B. G. (1994). Managing Quality, Edisi Kedua, Prentice Hall International, Manchester, UK.

- Kasnodiharjo, 1993. Langkah-langkah Menyusun Kuesioner, III (2), p.22-26

- Kotler, Philip, 1999, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia Buku 1, Alih Bahasa Teguh, Tjiptono, Fandy, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

- Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited

- Mullin, John W, Orville C Walker. 2005. Marketing Management A Strategic Decision, fifth edition, New York: McGraw Hill.

- Saidani Basrah dan Arifin Samsul Jurnal, 2012, “ Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Marketâ€. Vol. 3, No.1

- Sulistyawati, H, 2005. Penerapan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di restoran Boyong Kalegan. Vol. 18, No.1

- Tampubolon, D.P, 2001. Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke- 21. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

- Umar, Husein, 2002, Metoda Riset Bisnis, Penerbit, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

- L. Y. Wahyudi, 2002. Aplikasi Quality Fanction Deployment Untuk Meningkatkan Kualitas Produk, Perpustakaan UNIKOM, Bandung

- Walpole, Ronald E, 1986, Pengantar Statistik Untuk Ilmuwan dan Insinyur, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

- Wijaya, T., 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Penerbit PT Indeks, Jakarta.

- V. A. Zeithaml, M. J. Bitner, 2008. Service Marketing, integrating customer focus across the firm. Mc Graw Hill, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.307

Flag Counter    Â