Penentuan Lokasi Usaha Rotan di Cirebon Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Angga Tri Gustoro, Nugraha Nugraha, Agus Nana Supena

Abstract


Abstract. CV. Intan Rattan which is a business engaged in the production and sale of rattan products. Problems with CV. Intan Rattan is the same as in general, namely the production and marketing of products are still united, which has an impact on the insignificant profit and also a non-strategic location, so that CV. Intan Rattan needs a recommendation for the right business location for selling rattan products. The research method used is quantitative with descriptive analysis. Tools used in determining the right business location for CV. Intan Rattan is the Analytical Hierarchy Process (AHP) method, with the aim of obtaining the best criteria and alternatives in achieving research objectives. The AHP method which was carried out using manual calculations and Expert Choice 1.1 software calculations found that the highest weights of the criteria in the hierarchical structure were access criteria of 0.17 and 0.171, while the alternative with the highest weight was the Jl. Tuparev by 0.37 and 0.366. Therefore, the results of the calculation of the selected criteria and alternatives can be used as recommendations for CV. Intan Rattan in determining the location of the business, because the selected criteria and alternatives represent all the needs expected by CV. Intan Rattan.

Keywords: Business location, Rattan, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Abstrak. CV. Intan Rattan yang merupakan sebuah usaha yang bergerak pada produksi dan penjualan  produk rotan. Permasalahan pada CV. Intan Rattan ini sama seperti umumnya yaitu bagian produksi dan pemasaran produk masih menyatu, yang berdampak pada tidak signifikannya keuntungan dan juga lokasi yang tidak strategis, sehingga CV. Intan Rattan membutuhkan sebuah rekomendasi lokasi usaha yang tepat untuk penjualan produk rotan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif. Alat yang digunakan dalam  menentukan lokasi usaha yang tepat bagi CV. Intan Rattan yaitu metode Analytical Hierarcy Process (AHP), dengan tujuan untuk mendapatkan kriteria dan alternatif terbaik dalam mencapai tujuan penelitian. Metode AHP yang dilakukan dengan perhitungan manual dan perhitungan software Expert Choice 1.1 didapatkan bahwa bobot tertinggi dari kriteria dalam struktur hierarki yaitu kriteria akses sebesar 0.17 dan 0.171, sedangkan untuk alternatif dengan bobot tertinggi yaitu alternatif Jl. Tuparev sebesar 0.37 dan 0.366. Oleh karena itu hasil perhitungan kriteria dan alternatif terpilih dapat dijadikan rekomendasi bagi CV. Intan Rattan dalam menentukan lokasi usaha, karena kriteria dan alternatif terpilih mewakili seluruh kebutuhan yang diharapkan oleh CV. Intan Rattan.

Kata Kunci: Lokasi usaha, Rotan, Analytical Hierarchy Process (AHP)

 


Keywords


Lokasi usaha, Rotan, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Full Text:

PDF

References


Ningsih, R., 2016. Penentuan pemeliharaan supplier bahan baku oli BS150 menggunakan AHP. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, II(2), pp. 47-58.

Saaty, T. L.,2008. Decision making withAnalytical Hierarchy Process.International Journal Service Science, 1(1), pp. 83-89.

Tjiptono, F., 2015.Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.

Salimatusadiah Shifa, As'ad Nur Rahman, Renosori Puti. (2021). Perancangan Fasilitas Kerja pada Operator Pemasangan Accesories di CV. X untuk Mengurangi Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs). Jurnal Riset Teknik Industri, 1(1), 28-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.29591

Flag Counter    Â