Perancangan Layanan Jasa Pengiriman Paket PT. JNE Bandung Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Unggul Purbojati, Yan Orgianus, Asep Nana Rukmana

Abstract


Abstract. Currently the competition for package delivery services is getting tighter, namely with the emergence of many similar package delivery companies. PT. JNE Bandung is a package delivery service company that has long been established. In the last few years of his business journey there have been several problems and several things that are often complained of by customers, including lost packages, damaged packages, wrong delivery destinations, etc. The existence of complaints from customers shows that the quality of service available at PT. JNE Bandung needs to be improved again. The purpose of this research is a). Maximizing the services desired and needed by customers at PT. JNE Bandung and; b). repair unsatisfactory service design at PT. JNE Bandung. The method used is the Quality Function Deployment (QFD) method. The Quality Function Deployment (QFD) method is a planning used to improve the process of package delivery flow and delivery systems in the company and is defined as a structured methodology for the planning process for product and service development planning. Through the collection of information in the form of customer voices that are grouped into specifications of customer needs and desires through the process of linking each variable so that the design process is improved maximally and satisfies the customer.

Keywords: Service, Services, QFD.

Abstrak. Saat ini persaingan layanan jasa pengiriman paket semakin ketat yaitu dengan banyak bermunculannya perusahaan-perusahaan pengiriman paket yang sejenis. PT. JNE Bandung merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman paket yang sudah lama didirikan. Dalam beberapa tahun terakhir perjalanan usahanya terdapat beberapa kendala dan beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh pelanggan antara lain paket yang hilang, paket yang rusak, terjadi salah tempat pengiriman tujuan, dan lain-lain yang mengakibatkan terjadinya penurunan pelanggan. Adanya komplain dari pelanggan menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang ada PT. JNE Bandung perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah a).memaksimalkan layanan yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan di PT. JNE Bandung dan; b).perbaikan rancangan layanan yang kurang memuaskan pada PT. JNE Bandung. Metode yang digunakan adalah metode Quality Function Deployment (QFD). Metode Quality Function Deployment (QFD) sebagai perencanaan yang digunakan untuk memperbaiki proses alur pengiriman paket dan sistem pengiriman yang ada di perusahaan dan diartikan sebagai suatu metodologi terstruktur proses perencanaan pengembangan produk maupun jasa. Melalui pengumpulan informasi berupa suara pelanggan yang dikelompokkan kedalam spesifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui proses keterkaitan setiap variabel sehingga proses rancangan yang diperbaiki maksimal dan memuaskan bagi pelanggan.

Kata Kunci: Layanan, Jasa, QFD.


Keywords


Layanan, Jasa, QFD.

Full Text:

PDF

References


Cohen L. 2015. Quality Function Deployment: How To Make QFD Work For You, Massachusset. Addison-Wesley Publishing Company.

Dudung, Agus. 2012. “Merancang Produkâ€. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Haming, M., dan Nurmajamuddin. 2011. “Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan jasa, Bumi Aksara, Jakarta.

Tjiptono. F dan Candra., 2005. Service Quality and Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Zeithaml, Bitner. 2013. “Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firmâ€, International Edition, Singapore: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v7i1.26353

Flag Counter    Â