Peningkatan Kualitas Produk Kue Kastangels dan Kue Nastar Keju dengan Menggunakan Metode Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch (TRIZ)

Kansha Mahira Yozhianti, Aviasti Aviasti, Selamat Selamat

Abstract


Abstract. PT. Bonli Cipta Sejahtera is engaged in the production of pastries, where the products produced are more than 60 types of pastries every year. This research only focuses on Kastangels cake products and cheese nastar cakes because these two products are in great demand by consumers and production activities are carried out continuously. However, during 2019 there were defects produced in both products where the largest percentage of defects in defective Kastangels products reached 6.9% in August 2019 and the largest percentage of defects in cheese nastar pastry products was 5.41% in June 2019 This value exceeds the percentage Defect tolerance set by the company, causing losses to the company, because the defective product that is produced cannot be reworked and must be a product that is not valuable (waste). Types of defects found in Kastangels  and Cheese Nastar  are burnt defects, deformities, textural defects. These problems need to be overcome to reduce the resulting defects by increasing the quality using existing methods and tools. The method used is the Theory of Rezhenija Izobretatelskih Zadach (TRIZ) and the tools used is Statistical Quality Control (SQC). Statistical Quality Control (SQC) includes 7 Quality Control Tools used to help identify factors that cause defects in products and the Theory of Rezhenija Izobretatelskih Zadach (TRIZ) is used to provide suggestions for improvements to problems that occur by generating new ideas. Based on the results of data processing, it is found that the factors that cause disability are obtained from the cause-effect diagram for the two variants pastry, namely decreased work concentration, less skilled operators, lack of checking, improper machine settings, inconsistent operators, formation. manually, the operator is not careful, the dough is stirred too long, the dosage of the raw material composition is not quite right, the room temperature is hot. The proposed improvement is to provide sufficient rest time for operators so that operators can gather energy and concentration to resume work in a ready state, draft a checksheet for operator training, carry out strict supervision and create visual control or warning displays, replace measuring tools. conventional scales with electronic scales which have 4 units of weight, and additional facilities in the form of a fan.

Keywords: Quality, Statistical Quality Control (SQC), Theory of Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch (TRIZ).

Abstrak. PT. Bonli Cipta Sejahtera bergerak di bidang produsen kue kering, dimana produk yang dihasilkan lebih dari 60 jenis kue kering setiap tahunnya. Penelitian ini hanya terfokus pada produk kue kastangels dan kue nastar keju karena kedua produk tersebut sangat diminati oleh konsumen dan kegiatan produksi dilakukan secara terus-menerus. Namun, selama tahun 2019 terdapat kecacatan yang dihasilkan pada kedua produk tersebut dimana persentase cacat terbesar pada produk kue kastangels yang cacat mencapai 6.9% pada bulan Agustus 2019 dan persentase cacat terbesar pada produk kue nastar keju sebesar 5.41% pada bulan Juni 2019. Nilai tersebut melebihi persentase toleransi kecacatan yang ditetapkan oleh perusahaan sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan, karena produk cacat yang dihasilkan tidak dapat dilakukan pengerjaan ulang (rework) dan pasti menjadi produk yang tidak bernilai (waste). Jenis kecacatan yang terdapat pada kue kastangels dan kue nastar keju yaitu cacat gosong, cacat bentuk, cacat tekstur. Permasalahan tersebut perlu diatasi untuk mengurangi kecacatan yang dihasilkan dengan meningkatkan kualiatas menggunakan metode dan tools yang ada. Metode yang digunakan yaitu Teorija Rezhenija Izobretatelskih Zadach (TRIZ) dan tools yang digunakan yaitu Statistical Quality Control (SQC). Statistical Quality Control (SQC) meliputi 7 Quality Control Tools digunakan untuk membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kecacatan pada produk dan metode Teorija Rezhenija Izobretatelskih Zadach (TRIZ) digunakan untuk memberikan usulan perbaikan terhadap permasalahan yang terjadi dengan membangkitkan ide-ide baru. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa faktor-faktor penyebab kecacatan yang didapatkan dari diagram sebab-akibat (cause-effect diagram) untuk kedua kue tersebut yaitu konsentrasi kerja menurun, operator kurang terampil, kurangnya pengecekan, pengaturan mesin kurang tepat, operator tidak konsisten, pembentukan secara manual, operator tidak teliti, pengadukan adonan terlalu lama, takaran komposisi bahan baku kurang tepat, suhu ruangan panas. usulan perbaikan yang dilakukan yaitu memberikan waktu istirahat yang cukup bagi operator agar operator dapat mengumpulkan tenaga dan konsentrasi untuk memulai kembali bekerja dalam keadaan siap, membuat rancangan checksheet untuk pelatihan operator, melakukan pengawasan secara ketat dan membuat visual control atau display peringatan, mengganti alat ukur alat timbangan konvensional dengan timbangan elektronik yang memiliki 4 satuan berat, dan penambahan fasilitas berupa kipas angin.

Kata Kunci: Kualitas, Statistical Quality Control (SQC), Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch (TRIZ).


Keywords


Kualitas, Statistical Quality Control (SQC), Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch (TRIZ).

Full Text:

PDF

References


Handoko, T.H. 2012. Dasar-dasar manajemen produksi dan operasi. Yogyakarta: BPFE

Herjanto, E. 2008. Manajemen operasi. Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo.

Moven, J. C., dan Minor, M. 2011. Consumer behaviour. Boston: Irwin.

Rantanen, K dan Domb, E. 2008. Simplified TRIZ. Third Edition. New York: ST. Lucie Press.

Suryawan, H., 2014. Pembuatan Alat praktikum Fisika Listrik Untuk Kegiatan Praktikum menggunakan QFD dan Triz. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v7i1.26293

Flag Counter    Â