MINIMASI WASTE PADA PROSES BISNIS INDUSTRI SEPATU DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus : PT.X)

RIKI ANDRIANA, CHAZNIN R MUHAMMAD, RENI AMARANTI

Abstract


Sebagai perusahaan penghasil alas kaki berbahan dasar kulit,PT. X menghadapi beberapa masalah yang berujung pada waste dan lead time yang panjang sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.Tahapan yang dilakukan untuk merumuskan tindakan perbaikan yang berujung terhadap waste adalah memetakan dan menganalisis proses bisnis PT. X dengan menggunakan IDEF0, menyusun value stream mapping, identifikasi proses kritis dan penyebab waste, dan perumusan tindakan perbaikan pada aktivitas bisnis perusahaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis waste yang terjadi di PT. X adalah waktu menunggu 12620.58 menit, inventory berlebih1457.48 menit, transportasi 423.63 menit dan proses berlebih 77.31 menit dengan total lead time 15788.49 menit. Dari perbaikan yang dilakukan total lead time yang dihasilkan sebesar7318.72 menit atau mengalami penurunan 53.65% dari lead time awal.


Keywords


Manufacturing, Value Stream Mapping, Lead Time

References


Ehrlich, H.B., 2002. Transactional Six Sigma and Lean Servicing: Leveraging Manufacturing Concept to Achieve World-Class Service. New York: St. Lucie Press

Forgarty, D.W., Blackstone, J.H., dan Hoffman, T.R., 1991. Production & Inventory Management, 2nd Edition, Cincinnati: South-Western Publishing Co.

Gasperz, Vincent. 2007. The Executive Guide To Implementing Lean Six Sigma. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hines, P., Holw, M., dan Rich, N., 2004. “Learning To Envolve: A Review Of Contemporary Lean Thinkingâ€, International Journal Of Operation & Production Management, Vol. 24,994.

Indrajit, R. E. dan Djokopranoto, R., 2002. Konsep & Aplikasi Business Process Reengineerin Jakarta: PT. Grasindo.

Kuswardi dan Mutiara, E., 2004. Delapan Langkah dan Tujuh Alat Statistik untuk Peningkatan Mutu Berbasis Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Liker, Jeffrey K. 2004. The Toyota Way. Jakarta : Erlangga.

Liker, Jeffrey K. dan Meier, David., 2006. The Toyota Way Field Book (Panduan untuk mengimplementasikan Model 4P Toyota). Jakarta : Erlangga.

Monden, Y.,1993. Sistem Produksi Toyota, Suatu Ancangan Terpadu untuk Penerapan Just In Time, Buku pertama dan kedua. Jakarta PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Muhammad, C.R., dan Prasetyaningsih, E., 2014. â€Peningkatan Kinerja Operasional Industri Kerajinan Kulit Dengan Pendekatan Lean Manufacturing (Studi Kasus di Cibaduyut-Bandung)†Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sains, Teknologi, dan Ilmu Kesehatan. Bandung: Universitas Islam Bandung

Ohno, T., 1995. Just In Time dalam Sistem Produksi Toyota, Seri Manajemen No. 168. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Rother, M., dan Shock, J., 1999. Learning To See:Value Stream Mapping To Create Value and Eliminate Muda. Brookline, MA : The Lean Enterprise Institute.

Santos, J., WYSK., A. Richard., and Torres, M.J., 2006. Improving Production With Lean Thinking. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sonc,Inc.

Wardhana, A. B., Pujotomo, D., dan W.P, Nugroho., 2013. Usulan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Konsep Business Process Reengineering (Studi Kasus:Permata Guest House), (e-journal). Tersedia melalui: Library UNDIP website, http://ejournal.undip.ac.id/. (Diakses 5 November 2014)

Wignjosoebroto, Sritomo., 2006. Pengantar Teknik & Manajemen Industri. Surabaya: Guna Widya

Womack, J. P., dan Jones, D.T., 1996. Lean thinking: Banish Waste and Create Wealth for Your Corporation. Simon & Schuster, UK.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.1868

Flag Counter    Â