Analisis Strategi Pemasaran Produk Pakaian Bayi dengan Menggunakan Metode Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK) (Studi Kasus Cv Sophia Collection)

Dirga Putra, Nugraha Nugraha, Hirawati Oemar

Abstract


Abstract. As the times companies are competing to meet consumer demand, companies are required to have good quality to meet the service that can be given in accordance with customer expectations. home industry Sopphia Collection is the small and medium industries which produce clothes from ages newborn babies up to age 2. Collection Sopphia home industry decreased sales turnover, it is due to poor marketing strategies, product sales simply by word of mouth and not making sales online. Therefore, companies require the formulation of the right strategy to enhance the competitiveness of enterprises. Methods for determining the appropriate strategy with the company that quantitative strategy planning matrix (MPSK) or often called the method of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). In the method of quantitative strategy planning matrix (MPSK) has three stages, the first stage using an external factor evaluation matrix (EFE) and internal factor evaluation matrix (IFE), The second stage uses a matrix of SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath) and the third stage using a quantitative strategy planning matrix (MPSK). From the research that has been done, there are some strategic ideas that can be applied to home industry Sophia collection.Proposed strategies generated Quantitative Strategy Planning Matrix (MPSK) is to improve the quality and innovation of products, improve service to customers, improve service to consumers. This strategy is expected home industry Sophists Collection can besaing with competitor's products and enables high number of consumers.

Keywords: Marketing, Matrix EFE, IFE Matrix, SWOT, Quantitative Strategy Planning Matrix (MPSK)

Abstrak. Seiring perkembangan zaman perusahaan-perusahaan bersaing ketat untuk memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan dituntut untuk memiliki kualitas yang baik dalam memenuhi pelayanan yang mampu diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Home industry Sopphia Collection merupakan industri kecil dan menengah yang memproduksi baju bayi dari umur newborn sampai umur 2 tahun. Home industry Sopphia Collection mengalami penurunan omset penjualan, hal tersebut disebabkan strategi pemasaran yang kurang baik, penjualan produk hanya dari mulut ke mulut dan belum melakukan penjualan secara online. Oleh karena itu perusahaan memerlukan perumusan strategi  yang tepat agar meningkatkan daya saing perusahaan. Metode untuk menentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan yaitu matriks perencanaan strategi kuantitatif (MPSK) atau yang sering disebut dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada metode matriks perencanaan strategi kuantitatif (MPSK) memiliki tiga tahapan, tahapan pertama menggunakan matriks eksternal factor evaluation (EFE) dan matrik internal factor evaluation (IFE), tahap kedua menggunakan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath) dan tahap ketiga menggunakan metode matriks perencanaan strategi kuantitatif (MPSK). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa usulan strategi yang bisa diterapkan di  home industry Sophia collection. Usulan strategi yang dihasilkan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK) adalah meningkatkan kualitas dan inovasi produk, meningkatkan pelayanan ke konsumen, meningkatkan pelayanan ke konsumen. Dengan strategi ini diharapkan home industry Sophis Collection dapat besaing dengan produk-produk pesaing dan dapat mengingkatkan jumlah konsumen. 

Kata Kunci: Pemasaran, Matriks EFE, Matriks IFE, SWOT, Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK).


Keywords


Pemasaran, Matriks EFE, Matriks IFE, SWOT, Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK).

Full Text:

PDF PDF

References


Kotler, Philip dan Keller K L., 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas, Jilid Satu. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

David, Fred R dan Foresy R David., 2017. Manajemen Strategi. Edisi kelimabelas. Jakarta :Salemba Empat

Rangkuti, Freddy., 2002. Creating Effective Marketing Plan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy., 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Pramudiana, Yudi., 2015. Marketing Plan. Bandung : Alfabeta

Martiono, zefanya., 2017. Strategi Pengembangan Usaha Produksi Pakaian Bayi Pada Ud. Sai Ram Di Surabaya. Agora, 3(2), h.639.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.16058

Flag Counter    Â