Perbaikan Kualitas untuk Meminimasi Cacat Produk Foldable Lens Folder dengan Menggunakan Metode Triz
Abstract
Abstract.CV. Karya Cipta Agung is a company engaged in manufacturing that produces various types of components, one of which is a foldable lens folder.Quality as the totality of the characteristics of a product that supports its ability to satisfy the needs specified or applied. Obtained data on the production process that almost every time the production has a defect that exceeds the tolerance limit of 5%. Disability causes losses to the company because they have to increase working hours and rework the product that has a disability. There are four types of defects in foldable lens folder products, namely flawed flash, clean, buffer and dimension. In this study using a causal diagram (fishbone), pareto diagram, p control map and TRIZ method as problem solvers. Based on the results of data processing obtained the highest type of disability, namely flash defects, the cause of the disability is the old machine conditions and the habits of workers who violate the rules. The proposed improvement is to make a machine maintenance schedule and make a training schedule and provide sanctions to monitor the performance of the operator.
Â
Keywords: Quality, TRIZ.
Â
Abstrak.CV. Karya Cipta Agung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi berbagai macam jenis komponen salah satunya adalah foldable lens folder. Kualitas sebagai totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikasikan atau diterapkan. Diperoleh data pada proses produksi yang hampir setiap waktu produksi mengalami kecacatan yang melebihi batas toleransi sebesar 5%. Kecacatan menyebabkan kerugian pada perusahaan karena harus menambah waktu jam kerja serta mengerjakan ulang produk yang mengalami kecacatan. Kecacatan pada produk foldable lens folder terdapat empat jenis yaitu cacat flash, clean, buffer dan dimension. Pada penelitian ini menggunakan diagram sebab-akibat (fishbone), diagram pareto, peta kendali p dan metode TRIZ sebagai pemecah masalah. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh jenis kecacatan tertinggi yaitu cacat flash, penyebab dari kecacatan tersebut adalah kondisi mesin yang sudah tua dan kebiasaan pekerja yang melanggar peraturan. Perbaikan yang diusulkan adalah dengan membuat jadwal maintenance mesin dan membuat jadwal pelatihan serta memberikan sanksi untuk memantau kinerja dari operator.
Kata Kunci: Kualitas, TRIZ.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D.W., 2014. Modul 1 Manajemen Kualitas. [pdf] Tersedia pada: < http://repository.ut.ac.id> [Diakses 11 April 2018].
Elmas,M.S.H., 2017. Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) Untuk Meminimumkan Produk Gagal pada Toko Roti Barokah Bakery. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, [e-journal] 7. Tersedia pada: < https://media.neliti.com> [Diakses 11 April 2018].
Gaspersz, Vincent., 2005. “Total Quality Controlâ€. Cetakan Keempat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ilham, M.N., 2012. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Strata 1. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR.
Rantanen, Domb E, (2008). Simplified TRIZ (2rd edition): Taylor & Francis Group.
Rizki, A.A., 2017. Perbaikan Kualitas dengan Minimasi Cacat pada Proses Pengemasan Obat Solid Menggunakan Metode TRIZ. Strata 1. UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG.
Soetjitro, P., 2010. Instrumen Total Quality Management (TQM) sebagai Pilihan Alat Pengendalian. Value Added, [e-journal] 6(2). Tersedia pada: < http://jurnal.unimus.ac.id> [Diakses 11 April 2018].
Suhartini, Bachtyar, B., 2015. Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Service Melalui Metode Servqual, AHP dan TRIZ. Jurnal Penelitian Teknik Industri, [e-journal] 3. Tersedia pada: [Diakses 20 Maret 2018].
Suryawan, Hendra (2014). Pembuatan alat praktikum Fisika Listrik untuk Kegiatan Praktikum Menggunakan QFD dan TRIZ. Yogyakarta.
Tannady, H., 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.13698
  Â