Perancangan Strategi Pemasaran Produk Kaus Kaki di Kota Bandung dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Selna Moh Triwidarto, Nugraha Nugraha, Selamat Selamat

Abstract


Abstract. The tightness of business competition requires companies to develop and choose the right strategy. Particularly in marketing, many companies rely solely on product excellence, but do not see market share and product marketing strategies. Citra Iqra Pratama is one of the home industry companies that produce socks in Bandung. The result of sales turnover from Home industry Citra Iqra Pratama has decreased from last 3 (three) years caused by the marketing management system that has not been maximized. In determining the marketing strategy. The methods that can be used in marketing strategy design are SWOT analysis and QSPM method. SWOT Analysis (SWOT analysis) which includes efforts to recognize the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that determine the company's performance and the objectives of QSPM is to establish the relative attractiveness of the varied strategies that have been selected, to determine the strategy which is best considered to be implemented. Based on this, this study aims to know the company's position in marketing the sale of socks in Home Industry Citra Iqra Pratama, Identify the factors of the decline of sales of socks in Home Industry Citra Iqra Pratama,. The results obtained from this SWOT study resulted in 4 strategies that were classi fi ed ie Strategy 1 (keeping and improve product quality and quantity, strategy 2 (increase customer satisfaction with facilities), strategy 3 (create human resource training) and strategy 4 (expand marketing product sales). After knowing the strategy of SWOT medote, then to determine the optimal strategy done using Q method uantitative Strategy Planning Matrix (QSPM. From that result got the highest point 5,97 on strategy 4 (expanding Marketing product sales). conclusion obtained in this research obtained that right strategy for to overcome the decline in turnover of Home Industry Citra Iqra with the strategy of expanding the marketing of product sales by opening sales branches and Expanding Marketing with distributors and consumers, Strengthening business relationships, Improving promotion and advertising via social media / online.

Keywords: Marketing Strategy, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), SWOT Analysis

Abstrak. Ketatnya persaingan bisnis mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan dan memilih strategi yang tepat. Khususnya pada pemasaran, banyak perusahaan yang hanya mengandalkan keunggulan produk saja, tetapi tidak melihat pangsa pasar dan strategi memasarkan produk. Citra Iqra Pratama merupakan salah satu perusahaan home industry yang memproduksi kaus kaki di Kota Bandung. Hasil omset penjualan dari Home industry Citra Iqra Pratama mengalami penurunan dari 3 (tiga) tahun terakhir yang disebabkan, pada bagian sistem manajemen pemasarannya yang belum maksimal Dalam menetapkan strategi pemasaran. Metode yang dapat digunakan dalam perancangan strategi pemasaran yaitu analisis SWOT dan metode QSPM. Analisis SWOT (SWOT analysis) yakni mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan dan metode  QSPM adalah untuk menetapkan kemenarikan relatif (relative attractiveness) dari strategi-strategi yang bervariasi yang telah dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui posisi perusahaan dalam pemasaran penjualan kaus kaki di Home Industry Citra Iqra Pratama,Mengidentifikasi  faktor-faktor penurunan dari omset penjualan kaus kaki di Home Industry Citra Iqra Pratama,Mengetahui faktor-faktor yang akan berpengaruh pada strategi pasar penjualan kaus kaki di Home Industry Citra Iqra Pratama dan Merancang strategi pemasaran yang tepat bagi Home Industry Cipta Iqra yang dihasilkan dari metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM).Hasil yang diperoleh dari penelitian SWOT ini menghasilkan 4 strategi yang di klafikasikan yaitu Strategi 1 (menjaga dan meningkatkan kalitas serta kuantitas produk, strategi 2 (meningkatkan kepuasan konsumen terhadap fasilitas),strategi 3 (membuat pelatihan sumber daya manusia) dan strategi 4 (memperluas Pemasaran penjualan produk).Setelah mengetahui strategi yang dari medote SWOT, selanjutnya untuk menentukan strategi yang optimal dilakukan menggunakan metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM),dari hasil tersebut didapatkan poin tertinggi 5,97 pada strategi 4 (memperluas Pemasaran penjualan produk) .kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini diperoleh bahwa strategi yang tepat untuk mengatasi menurunnya omset Home Industry Citra Iqra yaitu dengan strategi memperluas pemasaran penjualan produk dengan cara melakukan membuka cabang penjualan dan Memperluas Pemasaran dengan distributor serta konsumen ,Memperkuat relasi bisnis,Meningkatkan promosi dan iklan via media sosial/online.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Analisis SWOT


Keywords


Strategi Pemasaran, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an dan terjemahan, Departemen Agama RI, Bandung: CV Diponegoro,. 2010

Alma, Buchari., 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta

Basu Swastha., 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty

David, F.R., 2009. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Keduabelas ,Jakarta:Terjemahan PT.Indeks

George Terry., 2008. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Kotler,Philip dan Keller K L., 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 diterjemahkan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Kotler,Philip dan Gary Armstrong., 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy., 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Ruseffendi, E. T., 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Umar, H., 2008. Strategic Management in Action. Edisi Kelima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ningrum LTW .dkk ., 2013. Perencanaan Strategi Pengembangan Perusahaan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus KUD DAU Malang, Jawa Timur). Skripsi. Universitas Brawijaya

Tersedia pada : < skripsitip.staff.ub.ac.id> [Diakses 21.8.2016].




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.10408

Flag Counter    Â