Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Metode Analytic Network Process (ANP) dan Rating Scale (Studi Kasus di Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Fathia Shabrina, Atep Harits Nu’man, Hirawati Oemar

Abstract


Abstrak. Selama ini, penilaian prestasi kerja di Balai Litbang Struktur Jembatan masih bersifat subjektif. Hal ini terlihat dari kriteria penilaian yang masih kurang rinci, serta belum adanya tingkat prioritas dalam penilaian kinerja karyawan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembobotan kriteria penilaian kinerja karyawan untuk mengetahui komponen penilaian mana yang lebih penting atau sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendapatkan bobot kriteria kompetensi melalui identifikasi indikator atau subkriteria penilaian kinerja karyawan berdasarkan kompetensi, mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terhadap sistem penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif di Balai Litbang Struktur Jembatan dengan metode Analytic Network Process (ANP) dan mendapatkan hasil penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan Rating Scale.Dari hasil pembobotan dengan ANP, diperoleh bobot untuk 12 subkriteria kompetensi, yaitu: 1) Frekuensi/jumlah audit keahlian dalam satu periode (0,0112); 2) Bertindak sesuai kode etik dan prinsip moral yang tinggi (0,0379); 3) Keinginan untuk mencapai target perusahaan (0,1151); 4) Keinginan berusaha keras dalam bekerja (0,0389); 5) Kehadiran jam kerja (0,1049); 6) Kehadiran hari kerja (0,2091); 7) Ide atau saran yang membangun (0,0767); 8) Diskusi dan memutuskan masalah dalam bekerja (0,0924); 9) Sikap saling memiliki dalam kelompok (0,0347); 10) Memotivasi tim (0,0435); 11) Menjelaskan informasi yang relevan (0,1001); 12) Mengarahkan untuk menjalankan prosedur dan aturan (0,1356). Bedasarkan hasil pembobotan melalui metode Analytic Network Process dan skala penilaian melalui metode Rating Scale, maka diusulkan sistem penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif di Balai Litbang Struktur Jembatan.

 Kata Kunci: Analytical Network Process, Kinerja Karyawan, Rating Scale


Keywords


Analytical Network Process, Kinerja Karyawan, Rating Scale

Full Text:

PDF

References


Asri, L., 2015. Metode ANP (Analytic Network Process) dalam Evaluasi. Available at:http://www.kompasiana.com/leginaasri/metode-anp-analytic-network-process-dalam-evaluasi_553 024556ea83496358b4567. [Diakses Tanggal 3 Maret 2017].

Herry, Tjahjono. 2011. Penyusunan Kompetensi Nilai.

Jainuri, 2014. Skala Bertingkat (Rating Scale). Available at: http://bolehsaja.net/skala-bertingkat-rating-scale/#.WLmfNtLyjIU. [Diakses tanggal 3 Maret 2017].

Prabowo. 2015. Indikator Komitmen Organisasi.

Purnaya, Gusti Ketut. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. [ebook] Yogyakarta: CV ANDI Offset. Tersedia pada: Google Books. [Diakses Tanggal 17 April 2017].

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia,Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wibisono, Dermawan. 2011. Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi: Panduan Penyusunan Indikator. Jakarta: Erlangga

Yulianti, M., 2013. Penerapan Metode Analytic Network Procces (ANP) dan Technique For Order Preference by Similarity To Idel Solution (TOPSIS) dalam Pemilihan Supplier Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.10103

Flag Counter    Â