Usulan Perancangan Aliran Distribusi Surat Kabar untuk Menentukan Aliran yang Optimal dengan Menggunakan Metode Travelling Salesman Problem (TSP)

Akmal Ridlo, Aviasti Aviasti, Reni Amaranti

Abstract


Abstract. PT. Radar Bandung is a newspaper company that every day must be able to sell newspapers to agents and to consumers. PT Radar Bandung has agents located in West Bandung and East Bandung, every agent in West Bandung has 5 agents and for East Bandung has 4 agents. The process of distributing newspapers that occur in the company today is distributing newspaper from company to agent 1, agent 2, agent 3, agent 4, agent 5. In the process of distributing newspapers that occurred in West Bandung is still experiencing delays in the process of distributing newspapers because the distribution process does not pay attention to alternative routes used in the distribution process. In this study obtained the results of the process of distribution of newspapers that occur at this time still experiencing delays in the process of distribution of newspapers, so that obtained the process of distributing at this time of 71.12 minutes and the required distance of 33.8 km. In the proposed flow newspaper distribution design using Tabu Search method takes as much as 57.5 minutes and the required distance of 34.9 km. Time savings in the process of distributing newspapers ranging from companies to agents as much as 16.7.

 Keywords: Travelling salesman Problem, Tabu search.

 

Abstrak. PT. Radar Bandung adalah perusahaan surat kabar yang setiap harinya harus dapat menjual surat kabar ke agen-agen maupun ke konsumen. PT Radar Bandung mempunyai agen yang terdapat di Bandung Barat dan Bandung Timur, setiap agen yang terdapat di Bandung Barat memeliki 5 agen dan untuk Bandung Timur mempunyai 4 agen. Proses pendistribusian surat kabar yang terjadi di perusahaan saat ini yaitu mendistribusikan surat kabar dari perusahaan ke agen 1, agen 2, agen 3, agen 4, agen 5. Pada proses pendistribusian surat kabar yang terjadi di Bandung Barat masih mengalami keterlambatan dalam proses pendistribusian surat kabar karena dalam proses pendistribusian tidak memperhatikan alternatif rute yang digunakan dalam proses pendistribusian. Pada penelitian ini didapatkan hasil proses pendistribusian surat kabar yang terjadi pada saat ini masih mengalami keterlambatan dalam proses pendistribusian surat kabar, sehingga didapatkan waktu proses pendistribusiaan pada saat ini sebesar 71,12 menit dan jarak yang dibutuhkan sebanyak 33,8 km. Pada usulan perancangan aliran distribusi surat kabar menggunakan metode Tabu Search memerlukan waktu sebanyak 57,5 menit dan jarak yang dibutuhkan sebanyak 34,9 km. Penghematan waktu dalam proses pendistribusian surat kabar mulai dari perusahaan sampai ke agen-agen sebanyak 16,7 menit.

 

Kata kunci : Travelling salesman Problem, Tabu search

Keywords


Travelling salesman Problem, Tabu search

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, E., 2015. Penyelesaian Travelling Salesman Problem dengan Metode Tabu Search, Studi Kasus: PT XX. ST. Universitas Tanjungpura. Tersedia pada: < http:/libraryuntan.ac..id>[ Diakses 12.08.2017]

Firman A., 2015. Penyelesaian Travelling Salesman Problem dengan Menggunakan Artificial Bee Colony, Studi Kasus PT. XXX. ST. Universitas Negri Malang. Tersedia pada:[Diakses 11.08.2017]

Ferdian, F., 2009. Penyelesaian Travelling Salesman Problem dengan Algoritma Heuristik. Bandung : Sinar Baru.

Glover, F., 1997. Tabu Search [e-book] MA: Kluwer Academic Publishers. Tersedia Pada

Hanafi, S. 2001. On The Convergence Of Tabu Search [e-book] Of Heuristics. Tersedia Pada .[Diakses 10 Agustus 2017]

Munir, R., 2012. Matematika Diskrit. Edisi Revisi Kelima. Bandung : Penerbit Informatika.

Suyanto, M., 2010. Algoritma Optimasi . Yogyakarta : Graha Ilmu.

Qin, J., 2011. A New Coding Method For Genetic Algorithm In Vehicle Routing Problem [e-book]




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.10001

Flag Counter    Â