Strategi Marketing Public Relations Street Gourmet Bandung sebagai Pilihan Wisata Kuliner di Kota Bandung

Gema Laras Kasih

Abstract


Abstract. The formulation strategy is the responsibility of leader in judge and policies the progress of Street Gourmet Bandung , but the strategy ca not do only by a leader but be the business of all parties including a public relations. In this can see that Street Gourmet Bandung have its own way or strategy to reach its success the dumpling restaurant. Street Gourmet Bandung new born in June in 2015 this times is a restaurant has required marketing strategy to the community to be attraction consumers visit the dumpling restaurant as a food area in Bandung. Research purposes to know marketing strategy Public Relations Street Gourmet Bandung in the restaurant to promoting the city people obstacles Bandung. And know everything that went in promoting the concept of the restaurant to the community Bandung. The methodology descriptive qualitative to the observation and the natural setting. Engineering data collection: interview, observation, the study of literature. Research results that strategy marketing Public Relations Street Gourmet Bandung in promoting the public the restaurant Bandung use strategy pull, push, pass where this way hope and planning, but overall occurring either technically or non technical during his address promotion for itself.

Keywords: Strategi, Marketing Public Relations, Street Gourmet Bandung

Abstrak. Perumusan strategi adalah tanggung jawab pemimpin dalam mengambil keputusan dan kebijakan demi kemajuan Street Gourmet Bandung tersebut, namun strategi  ini tidak bisa di lakukan hanya oleh seorang pemimpin saja tetapi menjadi urusan semua pihak termasuk seorang public relations tersebut. Dalam hal ini dapat di lihat bahwa Street Gourmet Bandung mempunyai cara atau strategi tersendiri untuk mencapai puncak kesuksesan restoran tersebut. Street Gourmet Bandung baru di resmikan pada pertengahan Juni 2015 ini maka dalam masa-masa seperti inilah restoran tersebut membutuhkan strategi marketing kepada masyarakat agar menjadi daya tarik para konsumen mengunjungi restoran tersebut sebagai pilihan wisata kuliner di Kota Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi marketing PR Street Gourmet Bandung dalam mempromosikan konsep restorannya kepada masyarakat Kota Bandung.Untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam upaya mempromosikan konsep restorannya kepada masyarakat Kota Bandung. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu menitik beratkan kepada observasi dan suasana alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data : wawancara, observasi, studi kepustakaan.Hasil penelitian bahwa strategi marketing PR Street Gourmet Bandung dalam mempromosikan konsep restorannya kepada masyarakat Kota Bandung menggunakan strategi pull, push, pass yang dimana hal tersebut berjalan sesuai dengan harapan dan perencanaan, namun ada hambatan yang terjadi baik secara teknis ataupun non teknis pada saat promosi menggunakan MPR itu sendiri.

Kata Kunci: Strategi, Marketing Public Relations, Street Gourmet Bandung


Keywords


Strategi, Marketing Public Relations, Street Gourmet Bandung

Full Text:

PDF

References


Abadi, Saka. 2004, Marketing Public Relations Upaya Memenangkan. Persaingan. Jakarta: Lembaga Management Feui.

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Public Relations. Lembaga Manajemnen Fakultas Ekonomni Universitas Indonesia, Jakarta.

Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit Alfabeta

Anggoro, Linggar. 2000. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta : Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro. 2008. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media

Alwalsilah, A. Chaedar. 2002.Penelitian Karya Ilmiah Untuk Pemula. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Public Relations. Lembaga Manajemnen Fakultas Ekonomni Universitas Indonesia, Jakarta.

Assauri, S. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: FEUI.

Assumpta, Rumanti. 2005. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Atkin, Douglas, 2006. Membangun Kesetiaan Merek. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka

Christakis, Nicholas A. 2010, Connected, Dasyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Gaffney, Ferry. 2008. Achieving Excellence Through Customer Service: Unggul Bersaing Melalui Layanan Pelanggan. Penerbit Jakarta : Elex Media Komputindo

Harris, Thomas M. 1991 The Marketer’s Guide to Public Relations, London : Gravity U.L

Haryatmoko. 2011 .Opini dan Nilai-nilai Masyarakat: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Hurriyanti, E. Widijo H. E. Widijo H. 2005 , Great Customer Service - Melayani Dari Hati. Jakarta : Elex Media Komputindo

Iriantara, Yosal. 2009, Literasi Media. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Jefkins, Frank. 2008. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana

Kotler, Philip dan Lee. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Marrus, Hanafi. 2002, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan. Jakarta : PT. RajaGrafindo.

Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrisan, M. A. 2010. Manajemen Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nimmo, Dan. 2009. Komunikasi Politik, Khalayak dan Efek. Bandung : PT Rosda Karya.

Patton, Michael Quinn. 2002 Qualitative Education Methods, Beverly Hills: Sage Publication.

Rakhmat, Jalaluddin.2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2008. Manejemen Public Relations dan Media komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta

Saladin, Djaslim. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Spradley, James P. 2002. Metode Qualitative. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relations Perusahaan. Jakarta : PT Nuansa.

Sumardy, 2011. The Power Of Word Of Mouth Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tankard, Severint, Werner J. James W, Jr. 2011 “Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massaâ€. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Wetzel, Weiss, 2008. Literasi informasi dalam Komunitas Garasindo Jakarta

Widjaja. 2002. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Yulianita, Neni, 2003. Dasar-dasar Public Relations, Bandung: P2U-LPPM UNISBA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9841

Flag Counter   Â