Upaya Bank Woori Saudara dalam Membangun Citra Pasca Merger

Riri Febrian, Nova Yuliati

Abstract


bstract. Now the development and competition of the banking industry is getting tighter, ranging from local banks to the emergence of many foreign banks that open offices add to the existing competition row. Each competing company offers a variety of conveniences, advantages, and features a positive image of the company. To gain public trust various efforts are certainly done in order to survive amid the existing competition. Like the efforts made by PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk merged with Bank Woori Indonesia, which is now PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, with a commercial name that became Bank Woori Saudara. The purpose of this research is to know the efforts undertaken by a company in building the image of the company after experiencing changes in identity. The research methodology is a descriptive study with qualitative data to describe the efforts made by Bank Woori Saudara. To support this research, researchers collect data from interviews, company documentation, and literature studies. The result of this research is Bank Woori Saudara have made good effort in building company image after merger. Likewise with the selection of efforts undertaken, is in accordance with the needs and on the goals targeted by Bank Woori Saudara.

Keywords: Bank Woori Saudara, Image, Merger

Abstrak. Kini perkembangan serta persaingan dunia perbankan semakin ketat, mulai dari bank lokal hingga banyak munculnya bank asing yang membuka kantor menambah deretan persaingan yang ada. Setiap perusahaan bersaing menawarkan berbagai kemudahan, keuntungan, dan menonjolkan citra positif perusahaan. guna mendapatkan kepercayaan publik. Berbagai upaya tersebut tentunya dilakukan demi dapat tetap bertahan ditengah persaingan yang ada. Seperti  upaya yang dilakukan oleh PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk yang melakukan merger dengan Bank Woori Indonesia, yang kini menjadi PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, dengan  nama panggilan komersial yang menjadi Bank Woori Saudara. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan sebuah perusahaan dalam membangun citra perusahaan pasca mengalami perubahan identitas. Metodologi penelitian yang dilakukan ialah studi deskriptif dengan data kualitatif untuk menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan Bank Woori Saudara. Untuk menunjang penelitian ini peneliti menghimpun data dari wawancara, dokumentasi perusahaan, serta studi literatur. Hasil dari penelitian ini ialah Bank Woori Saudara sudah melakukan upaya yang baik dalam membangun citra perusahaan pasca merger. Begitupun dengan pemilihan upaya yang dilakukan, sudah sesuai dengan kebutuhan serta mengenai sasaran yang dituju oleh Bank Woori Saudara.

Kata Kunci: Bank Woori Saudara, Citra, Merger


Keywords


Bank Woori Saudara, Citra, Merger

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.

Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Public Relation. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9733

Flag Counter   Â