Hubungan Tayangan Channel YouTube “Beauty Vlogger†Sarah Ayu dengan Perilaku Bermake-up Mahasiswa Perempuan

Firda Febriani Saputra, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Nowadays mass media is fairly wide, we can be accessed from start computers, laptops, tablets and smartphones. Youtube is one of the sites that at this time has become a trendsetter in various things. One of sample is make-up tutorial, of course this is very easy for women who wants to learn or just find out about make-up. Sarah Ayu is one of many beauty vloggers that are popular among students.The theory used in this study is the theory of social learning from Albert Bandura. The method used in this research is correlation, that is method to research and find out the relationship between two variables (variable X and variable Y). In the calculation will be obtained correlation coefficient, correlation coefficient is used to determine whether there is a strong relationship, the direction of the relationship, and the meaning or not the relationship. Correlational method in this research is used to test whether there is relationship between attention, representation, behavior production, and motivation to watch impressions with student perception. In this study, respondents who selected researchers are female students who have watched the youtube channel of beauty vlogger sarah ayu as many as 62 people using slovin formula.The results of this study indicate that there is a relationship between YouTube channel show beauty vlogger Sarah Ayu with student behavior Public Relations UNISBA year of 2013 and 2014.

Keywords: Youtube, Beauty Vlogger, Make-up, Behavior

Abstrak. Media massa pada zaman sekarang sudah terbilang sangat luas, dapat kita diakses dari mulai komputer, laptop, tablet dan smartphone. Youtube merupakan salah satu situs yang pada saat ini sudah menjadi trendsetter dalam berbagai hal. Salah satunya mengenai make-up, tentunya hal ini sangat memudahkan bagi perempuan yang ingin belajar atau pun sekedar mencari tahu mengenai make-up. Sarah Ayu merupakan salah satu dari sekian banyak beauty vlogger yang terkenal dikalangan mahasiswa perempuan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial dari albert bandura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, yaitu metode untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variable (variabel X dan variabel Y). Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara perhatian, representasi, produksi perilaku, dan motivasi menonton tayangan dengan persepsi mahasiswa perempuan. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah mahasiswa perempuan yang pernah menonton channel youtube beuaty vlogger sarah ayu sebanyak 62 orang dengan menggunakan rumus slovin.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tayangan channel YouTube beauty vlogger Sarah Ayu dengan perilaku mahasiswa perempuan Public Relations UNISBA angkatan 2013 dan 2014.

Kata Kunci: Youtube, Beauty Vlogger, Make-up, Perilaku


Keywords


Youtube, Beauty Vlogger, Make-up, Perilaku

Full Text:

PDF

References


Baskoro, Adi. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. PT TransMedia: Jakarta Selatan.

Cangara, Hafied, 2007, Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Feist, Jess Feist, Gregory J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Putra.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9574

Flag Counter   Â