Strategi Rebranding Majalah Gadget+ dalam Membangun Citra Baru di Kota Bandung
Abstract
Abstract. The developing technology has increased the competition among technology magazines. The number of mass media competition has created the gadget magazine that has the concept as technology magazines, change into Gadgets +. This is because the magazine wanted to give something new to the consumers and to form a new image in order not only to be seen as an adult magazine but also for all ages. The purpose of this research was to find out how the rebranding strategy used in Gadget+ magazine as the effort to build a new image. The method used in this research  was a qualitative method with a case study approach. The data was collected through  in-depth interviews to the chief editor and editorial, observation, literature study and internet. The results of this research showed that the rebranding has been occured because of the merger of three magazines, namely technology gadgets, AppsStation and Macworld. The rebranding has been through some process and faced some problems, thus getting the solution led to a model of Gadget+  magazine strategy and led to form a new good image, the technology magazine that can be used as reference of technology information and can be consumed by all people.
Keywords: Magazine, Rebranding, Image
Â
Abstrak. Teknologi yang semakin berkembang meningkatkan persaingan majalah teknologi. Banyaknya persaingan media massa menjadikan majalah Gadget yang memiliki konsep majalah teknologi, melakukan rebranding menjadi Gadget+, karena ingin memberikan sesuatu yang baru kepada konsumen dan  ingin membentuk image baru agar tidak hanya dipandang sebagai majalah dewasa  tapi juga menjadi sebuah majalah Gadget+ yang dapat dikonsumsi semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Strategi Rebranding yang digunakan Majalah Gadget+ sebagai upaya membangun citra baru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan mewawancarai secara mendalam kepada pimpinan redaksi dan redaksional, lalu observasi, studi kepustakaan, dan media internet. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa proses rebranding yang terjadi akibat dari adanya merger 3 majalah teknologi yaitu Gadget, AppsStation dan Macworld.Beberapa proses rebranding dilakukan dan menghadapi  beberapa kendala, sehingga mendapatkan solusi yang memunculkan suatu model strategi dari majalah Gadget+, dan berujung membentuk citra baru yang baik, yaitu menjadi majalah teknologi yang dapat dijadikan referensi informasi teknologi dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Kata Kunci: Majalah, Rebranding, Citra
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Gerungan, W.A. 2004. Koleksi Buku 2000 Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama
Kuswarno, Engkus. 2010. Fenomenologi Metodologi penelitian komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.
K.Yin, Robert. 2014. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : PT Raja Grafindo Husada
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indek.
Moleong J Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muzellec, Laurent, et al. 2003. Corporate Rebranding – An Exploratory Review. Irish Marketing Review, 16 (2), 31-40. Retrieved from Emerald Journal Database.
Muzellec , L dan Stuart, H. 2004. Corporate makeovers : can a hyena be rebranded?. Journal of brand management. Vol 11 No.6. hal. 472-482.
Soemirat,Soleh&Ardianto,Elvinaro. 2012. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: Rosdakarya.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Bandung : Erlangga Widyatama
Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Startegik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.94
  Â