Hubungan antara Program “Citizen Report†PR FM dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pendengar Mengenai Lalu Lintas

Anisa Gitta Pratiwi, Nova Yuliati

Abstract


Abstract. In this era, communication not only did verbally but also non-verbally,like a communication through technology and mass media. Mass media divided into electronic media and printed media. Nowadays radio become one of information media that used by societies to get some information. Radio is not only make a music program, but also a program which serve news and traffic report for example PR FM radio 107,5 News Channel. PR FM’s program which named “Citizen Report†served interesting, substantial, perfect, accurate and balanced. With the “Citizen Report†program, it does not rule out the possibility that the listeners will get knowledge and fulfill their needs of traffic information. The aim of this research is getting an empiric data about the relation between “Citizen Report†programs with the fulfillment of listeners’ information needs about traffic. The method of the research is using correlational quantitative method. The sampling technique which used in this method is total sampling, where the subject of this research is the PR FM’s netizen community amount 50 people. The data about PR FM’s program “Citizen Report†and the fulfillment of listeners’ information needs in this research is using questionnaire. The theory that used in this research is Uses and Gratifications theory. The obtained data is an ordinal data, so the data processing is using Rank Spearman’s correlation test. The result shows the correlation coefficient is amount rs = 0,836. It can be declared that there is a relation between PR FM’s “Citizen Report†programs with the fulfillment of listeners’ information needs about the traffic. It means the more information quality in “Citizen Report†program, the more fulfilled listeners’ needs about traffic information.

Keywords: Mass Communication, Mass Media, Fulfillment of Information Needs

Abstrak. Pada zaman sekarang komunikasi tidak hanya dilakukan dengan verbal saja, tetapi dapat secara non verbal seperti komunikasi melalui teknologi atau media massa. Media massa terbagi menjadi dua yaitu media elektronik dan media cetak. Saat ini radio termasuk salah satu media informasi yang digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi. Radio tidak hanya membuat program tentang musik saja, ada beberapa radio yang program dan kontennya berbeda dari yang lain, tidak selalu tentang musik tetapi ada program yang memberikan informasi-informasi seperti berita terkini dan laporan mengenai lalu lintas contohnya adalah radio PR FM 107,5 News Channel. PR FM kemudian mengemas program yang bernama“Citizen Report†tersaji menarik, penting, lengkap, akurat dan berimbang. Dengan adanya program “Citizen Report†tidak menutup kemungkinan pendengar akan mendapatkan pengetahuan dan dapat memenuhi kebutuhan informasi pendengar mengenai lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data empirik mengenai hubungan antara program “Citizen Report†PR FM dengan pemenuhan kebutuhan informasi pendengar mengenai lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling, dimana subjek penelitian ini adalah komunitas netizen PR FM yang berjumlah 50 orang. Data mengenai program “Citizen Report†PR FM dan pemenuhan kebutuhan informasi dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Teori yang digunakan adalah teori Uses And Gratifications. Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar rs = 0,836. Dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara program “Citizen Report†PR FM dengan pemenuhan kebutuhan informasi pendengar mengenai lalu lintas. Artinya semakin berkualitas informasi dalam program “Citizen Report†PR FM semakin terpenuhi juga kebutuhan informasi pendengar mengenai lalu lintas.

Kata Kunci: Komunikasi Massa, Media Massa, Pemenuhan Kebutuhan Informasi


Keywords


Komunikasi Massa, Media Massa, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References


Djamal, Hidajanto, Andi, Fakhruddin, 2011. Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morrisan, 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusup. M. Pawit. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Jurnal:

Rachmiatie, Atie. 2005. “Konsistensi Penyelenggaraan RRI dan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik†dalam Jurnal Komunikasi Vol.2, No.1, Desember 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9252

Flag Counter   Â