Strategi Komunikasi Viking Persib Club dalam Mendukung Persib Bandung

Renno Azizan Hidayat, M Subur Drajat

Abstract


Abstract. Persib Bandung (Indonesia Football Association Bandung) is a profesional football club based in Bandung, West Java Indonesia. The club was founded in 14 March 1933, it’s one of the biggest club in Indonesia, it has famoust nickname, namely The Blue Prince and the mascot is Maung Bandung (The Bandung Tigers). There are several supporters groups of Persib Bandung, the largest is Viking Persib Club, it has been established since 1933. The purpose of the research is to find out the communication strategy of Viking Persib Club in support Persib Bandung. The communication strategy reviewed based on 3 important points such as the beginning of the emergence of communication strategies and communication strategy benefits. The research used qualilative case study approach, data collection techniques by interviews, observation and litelature study, conclusion/verification. The results obtained in this study is how Viking Persib Club make communication strategies in support Persib Bandung, with consistently, unique and creative characteristics. At the beginning, the supporters only limited to individuals by introduction of the targets. Viking Persib Club’s communication is based on two factors, namely factors frame of reference, where Viking Persib Club has target fellow Persib Bandung supporters and media communication. In support Persib Bandung they use direct communication, non direct. Direct communication message from Viking Persib Club to Persib Bandung is a game support for players’ mental support and call for non-racist appeal. Mulyana Umar (one of chief leader of supporters) has a role as a communicator has appeal and credibility. He has joined and very loyal to Viking Persib Club in giving support. The benefits of communication strategy shown by Viking Persib Club to Persib Bandung divided into two froms: material benefits and non-material benefits. In addition and Persib Bandung has communications strategy principled by sportsmanship and anti racist.

Keywords: Communication Strategy, Viking Persib Club, Persib Bandung

Abstrak. Persib Bandung (Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung) adalah sebuah tim sepakbola Indonesia terbesar yang berdiri pada 14 Maret 1933, klub ini berbasis di Bandung, Jawa Barat. Persib Bandung saat ini bermain di Gojek Traveloka Liga 1 (satu). Julukan Persib Bandung adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru sejak tahun 1933.Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana strategi komunikasi Viking Persib Club dalam mendukung Persib Bandung. Strategi komunikasi ini akan dikaji berdasarkan tiga poin penting, yaitu awal mula munculnya strategi komunikasi, proses strategi komunikasi, dan manfaat strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah Awal mula strategi komunikasi Viking Persib Club dalam mendukung Persib Bandung adalah ketika di Bandung tidak ada kelompok pendukung yang terbentuk secara konsisten dan memiliki ciri khas tertentu yang unik dan kreatif. Sebagian pendukung bahkan hanya sebatas individu-individu. Pengenalan sasaran komunikasi yang dilakukan Viking Persib Club adalah berdasarkan dua faktor, yakni faktor kerangka referensi, di mana Viking Persib Club memiliki sasaran sesama pendukung Persib Bandung. Pemilihan media komunikasi dalam mendukung Persib Bandung dapat dikategorikan dalam dua hal, yakni media komunikasi langsung dan media komunikasi tidak langsung. Pesan komunikasi dari Viking Persib Club kepada Persib Bandung adalah dukungan permainan untuk support mental pemain dan himbauan ajakan untuk tidak rasis. Peran Mulyana Umar (dirigen Viking Persib Club) sebagai komunikator memiliki daya tarik dan kredibilitas. Daya tarik Mulyana Umar adalah karena Mulyana Umar termasuk anggota Viking Persib Club yang telah bergabung dan loyal kepada Viking Persib Club dalam memberikan dukungan. Manfaat strategi komunikasi yang ditunjukkan oleh Viking Persib Club kepada Persib Bandung dapat terbagi dalam dua bentuk, yakni manfaat materi dan manfaat nonmateri. Di samping itu, manfaat lainnya dari strategi komunikasi Viking Persib Club kepada Persib Bandung yang berprinsipkan sprotifitas dan antirasis.                               

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Viking Persib Club, Persib Bandung

Keywords


Strategi Komunikasi, Viking Persib Club, Persib Bandung

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchyana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi Suatu PengantarRingkas. Bandung: PT Armico.

Alo liliweri, 2008. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

http://www.kompasiana.com/kukuh.a.nugroho/suporter-dan-sepak-bola_552bce1d6ea834a81f8b459f (Di Akses Tanggal 07 September 2017. Pukul 11.50)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9221

Flag Counter   Â