Strategi Branding AIESEC dalam Membangun Brand Awareness AIESEC Organisasi Kepemimpinan

Gesti Firdasari, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. Brand awareness is becoming the primary focus of an organization or company in building a brand its in the eyes of the society. If organization or company wants the brand awareness in society can constructed well then it takes a step that could bring a brand to be realized and known by the public with "branding strategy". Organization AIESEC concentrate with a brand "the organization that develops the leadership" but not many people are aware of it in the brand of AIESEC. The researchers conducted a study entitled "Branding Strategy of AIESEC in building Brand Awareness Leadership Organization AIESEC. The methods used in this research is qualitative with case study approach also the technique of purposive sampling with key informants, Vice President Brand Experience and General Manager for Digital Attraction. The purpose of this research is to know the branding strategy used by AIESEC in Bandung Youth assessment error fix top brand of AIESEC. AIESEC create a branding strategy through 3 program, namely, Loud and Proud, My Leadership Story, and 101 AIESEC using social media for the sake of communicating the brand leadership of AIESEC to build brand awareness among the youth.

Keywords: Brand Awareness, Organizational Branding, AIESEC

Abstrak. Kesadaran akan merek atau kesadaran merek (Brand Awareness) merupakan hal yang menjadi fokus utama sebuah organisasi atau perusahaan dalam membangun merek (brand) di mata masyarakat. Jika organisasi atau perusahaan menginginkan brand awareness di masyarakat dapat terkonstruksi dengan baik maka dibutuhkan sebuah langkah yang dapat membawa sebuah brand hingga dapat disadari di masyarakat. Langkah tersebut berupa “strategi branding†bagi branding perusahaan atau organisasi. Organisasi AIESEC berkonsentrasi dengan brand “organisasi yang mengembangkan kepemimpinan†namun belum banyak orang yang menyadari hal itu dalam brand AIESEC. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Strategi Branding AIESEC dalam Membangun Brand Awareness AIESEC Organisasi Kepemimpinanâ€. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan key informan, yaitu Vice President Brand Experience dan Manager General Digital Attraction. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi branding yang digunakan oleh AIESEC dalam membenahi kesalahan penilaian Pemuda Bandung atas brand AIESEC. AIESEC membuat strategi branding melalui 3 program, yaitu Loud and Proud, My Leadership Story, dan 101 AIESEC dengan menggunakan media sosial untuk mengkomunikasikan brand kepemimpinan AIESEC agar dapat membangun brand awareness di kalangan Pemuda Bandung (Youth Bandung).

Kata Kunci: Brand Awareness, Branding Organisasi, AIESEC


Keywords


Brand Awareness, Branding Organisasi, AIESEC

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relatons Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan Pertama.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied,. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Cetakan kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Penerbit Erlangga

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi, Deddy. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan (Konsep dan Aplikasi Administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern). Bandung: Alfabeta.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA Bandung

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus Desain & Metode, Cetakan ke-14, Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Yulianita, Neni dan M. E Fuady. 2014. “Aktivitas PR Online di Perguruan Tinggi Jawa Barat†tulisan dalam Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Politik, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, Malang (hal 290)

¬¬¬¬¬Yulianita, Neni. 2012. “Imaging State Through Tourism Brandingâ€, Regarding The Slogans “Wonderful Indonesia†and “Malaysia Truly Asia†tulisan dalam Media and Regional Issues “Media as a Bridge Towards Understanding Regional Relationsâ€, Universitas Teknologi Mara. (hal 304 dan 307)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9088

Flag Counter   Â