HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI NEGOSIASI CERVA DINING SHOP DENGAN KEPUASAN SUPPLIER

Disha Suryadi, Nova Yuliati

Abstract


Abstract. Cerva Dining Shop is a ‘concept store’ kind of company, which particularly engages in fashion sales. Having a short experience in running this concept store field, Cerva Dining Shop has held a lot of suppliers that are willing to cooperate. This cooperation undertaken by Cerva Dining Shop is a form of negotiation communication practice which is done to meet the expected goals of the involved parties. Not only the suppliers who need to make adjustments to the concept store, but instead, in order to achieve mutual satisfaction and agreed objectives, Cerva Dinning Shop also needs to understand the stages of negotiation such as the planning phase, implementation phase, and negotiation review phase. Using a correlative quantitative method, this study collects the main data by distributing questionnaires using total sampling technique, so that the questionnaire distributed is in accordance with the number of suppliers. Literature reviews is also done as the secondary data in this study. The result of this study reveals that the planning phase, implementation phase, and negotiation review phase are done quite well by the concept store party, so that the suppliers are satisfied with the cooperation established with Cerva Dining Shop.

 

Keywords : Negotiation Communication, Concept Store, Supplier’s satisfaction.

 

Abstrak. Cerva Dining Shop merupakan perusahaan yang bergerak di bidang concept store, khususnya dalam penjualan yang masih berada dalam konteks fashion. Meski belum lama menjalani bidang concept store, Cerva Dining Shop sudah memiliki cukup banyak supplier yang bersedia bekerjasama. Kerjasama yang dilakukan oleh Cerva Dining Shop ini merupakan bentuk praktik dari komunikasi negosiasi, dimana kerjasama dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pihak yang terlibat. Bukan hanya supplier yang perlu melakukan penyesuaian dengan pihak concept store, namun sebaliknya, agar mencapai kepuasan bersama dan tujuan yang disepakati, maka dari itu tahap-tahap negosiasi juga perlu dipahami oleh Cerva Dining Shop, seperti tahap perencanaan, tahap implementasi, dan tahap peninjauan negosiasi. Menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis Korelasional, penelitian ini mengumpulan data primer melalui pembagian angket menggunakan teknik total sampling, sehingga, angket yang disebar sesuai dengan jumlah supplier. Untuk data sekunder, digunakan studi kepustakaan yang sesuai dengan penelitian ini. Dari hasil  penelitian yang dilakukan peneliti, dapat dinyatakan bahwa tahap perencanaan negosiasi, tahap implementasi negosiasi, dan penijauan negosiasi dilakukan dengan baik oleh pihak concept store, sehingga membuat supplier merasa puas dengan kerjasama yang dijalin dengan Cerva Dining Shop.

 

Kata kunci : Komunikasi Negosiasi, Concept Store, Kepuasan Supplier


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Oemi. 1995. Dasar – Dasar Public Relations. Bandung : PT. Citra. Aditya Bakti.

Ardianto, Elvinaro dan Priyatna Soeganda. 2008. Komunnikasi Bisnis (Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis). Bandung : Widya Padjadjaran

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya :Edisi ke-2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta : Erlangga

Priyatno, Duwi. 2009. SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta : Gava Media

Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis : Edisi ke-3. Jakarta : Erlangga

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U-LPPM Unisba)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9

Flag Counter   Â