Strategi Public Relations dalam Mengelola Program Kartu PLN Sehat

Neng Siti Jaatsiyah, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. The basic of healthy is very important and valuable, for humans and for other living things. It must be taken care of and we must take care of our bodies and exercise and regulate our diet. The state electricity company (PLN) is always encouraged to continue to make various improvements, whether it is improving the business process side as well as improving the quality of human resources. One of the efforts made by PLN related to improving the quality of human resources such as by showing the condition and health service for employees. The preservation of health conditions and quality of life of employees is one of the factors supporting the success of operational activities and the implementation of business processes PLN well. The purpose of this study are to describe and explain about public relations strategy in managing PLN card program healthy in PT. PLN (Persero) Area Majalaya. In this research, the researcher will explain about : (1) The reason of healthy PLN card program is formed and executed; (2) Planning strategy of healthy PLN card program; (3) The benefits of a healthy PLN card program; (4) Provisions and quality provided on health care insurance for employees. Researcher will use the public relations concept of Frank Jefkins and employee relations concepts from Cutlip and Center. Researcher used qualitative method with case study approach with in-depth interview technique, observation, literature study, and document. The subject of research here is Mr. Asep Supendy as public relations in PLN Area Majalaya and the object of research is a healthy card PLN. The results of research from the PLN card program healthy this shows that a public relations must be able to manage a program, especially related both with the company and to employees. The program is expected to be able to answer the welfare of employees in terms of guaranteeing health. Public relations here is quite good in providing information and communicate with superiors and with the employees, it’s just that the performance and communication to employees has not been through so there is some information that is not understood.

Keywords: Public Relations, Health Care Insurance, PLN Card Healthy, Employees

Abstrak. Pada dasarnya kesehatan itu begitu sangat penting dan berharga, baik itu manusia maupun makhluk hidup lainnya. Kesehatan itu haruslah dijaga dan kita harus menjaga tubuh kita dan berolahraga serta mengatur pola makan kita. Perusahaan Listrik Negara (PLN) senantiasa dipacu untuk terus melakukan berbagai upaya perbaikan, baik itu perbaikan disisi proses bisnisnya maupun juga peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dilakukan PLN terkait peningkatan kualitas SDM diantaranya adalah dengan memperhatikan kondisi serta pelayanan kesehatan bagi pegawainya. Terjaganya kondisi kesehatan dan kualitas hidup pegawai merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan kegiatan operasional dan terselenggaranya proses bisnis PLN dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan dan menjelaskan mengenai strategi public relations dalam mengelola program kartu PLN sehat di PT. PLN (Persero) Area Majalaya. Dalam penelitian ini peneliti akan menjelaskan mengenai : (1) Alasan program kartu PLN sehat dibentuk dan dijalankan; (2) Strategi perencanaan dari program kartu PLN sehat; (3) Manfaat dari program kartu PLN sehat; (4) Ketentuan dan kualitas yang disediakan pada jaminan pemeliharaan kesehatan bagi para pegawai. Peneliti akan menggunakan konsep Public Relations dari Frank Jefkins dan konsep Employee Relations dari Cutlip and Center. Peneliti menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus dengan teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka dan dokumen. Subjek penelitian disini adalah Bapak Asep Supendy selaku humas di PLN Area Majalaya dan objek penelitiannya adalah kartu PLN sehat. Hasil penelitian dari program kartu PLN sehat ini menunjukkan bahwa seorang public relations harus bisa mengelola suatu program terutama berhubungan baik dengan pihak perusahaan maupun kepada pegawainya. Program ini diharapkan untuk bisa menjawab kesejahteraan pegawai dalam hal jaminan kesehatan. Humas disini cukup baik dalam memberikan informasi dan berkomunikasi dengan atasan maupun dengan para pegawainya, hanya saja kinerja dan komunikasi kepada pegawainya belum menyeluruh sehingga ada beberapa informasi yang kurang dipahami.

Kata Kunci: Public Relations, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, Kartu PLN Sehat, Pegawai


Keywords


Public Relations, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, Kartu PLN Sehat, Pegawai

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Remaja Rosdakarya

Gregory, Anne. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Penerbit Er¬langga

Gregory, Anne. 2004. Public Relations dalam Praktik. Jakarta: PT. Gelora Aksara

Jefkins, Frank. 2007. Public relations. Jakarta : Erlangga

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal; Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta. Kencana Pre¬namedia Group.

Moleong, Lexy, J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Ed. Revisi-Cet 13. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas

Sumber Lainnya:

Wiwitan, Tresna & Neni Yulianita. 2017. “Strategi ‘Marketing Public Relations’ Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEAâ€, dalam Jurnal Komunikator Vol.10, No.1, Juni 2017 (hal.3,6)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8960

Flag Counter   Â