PERBANDINGAN KREATIVITAS PROGRAM TALK SHOW TRANS7 DENGAN NET TV DALAM MEMBANGUN REPUTASI BERDASARKAN OPINI PEMIRSA

Novia Rismayantie, Maman Chatamallah

Abstract


Di era globalisasi saat ini, masyarakat membutuhkan informasi dan hiburan yang dapat menginspirasi masyarakat. Kebutuhan masyarakat ini terjawab dengan adanya media massa elektronik maupun cetak, televisi merupakan salah satu media informasi yang menyuguhkan program-program baru guna menarik minat pemirsa. Program yang disuguhkan bervariasi, dari sekian program yang disuguhkan oleh stasiun televisi penulis membatasi kepada salah satu acara yaitu program talk show. Dikarenakan program talk show sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan suguhan program televisi yang mampu memberikan informasi sekaligus memberikan hiburan dan mampu menginspirasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparasi. Penulis ingin melakukan komparasi antara program talk show Hitam Putih dengan Sarah Sechan Show, berdasarkan opini mahasiswa Universitas Islam Bandung terhadap kreativitas program talk show Hitam Putih dan Sarah Sechan Show guna mengkaji reputasi stasiun televisi. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu, strata prporsional sehingga di dapat 100 sampel yang berasal dari setiap fakultas yang ada di Universitas Islam Bandung. Berdasarkan hasil uji statistik yang sudah dilakukan, pengujian tersebut menunjukkna bahwa opini pemirsa terhadap program talk show program talk show Hitam Putih berbeda signifikan dengan opini terhadap program talk show Sarah Sechan Show.

References


____________ Ardianto, Elvinaro. Desember 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations, Simbiosa Rekatama Media.

Badjuri, Adi. 2010. Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, Agung. 2010. Talk Show dan Kesenjangan Kepuasan: Studi Deskriptif Kesenjangan Kepuasan yang Diperoleh Pemirsa dari Menonton Acara “Kick Andy†di Metro TV dan “Satu Jam Lebih Dekat†di tvOne di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Angkatan 2007-2009 Dengan Menggunakan Pendekatan Uses and Gratificationâ€. Surakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Sebelas Maret. (SKRIPSI DIGITAL)

Nazir. 2005. Metodologi penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

____________ Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya

Rahmat, Jalaludin. 2000. Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta : Erlangga.

____________. Rakhmat, Jalaluddin 2006. Komunikasi Politik Khalayak dan Efek. Bandung: Rosdakarya

Panjaitan, Erica dan TM. Dhani Iqbal. Maret 2006. Matinya Rating Televisi, Yayasan Obor Indonesia

Sugiono. 2002. Statistik untuk Penelitian, Bandung: CV ALFABETA

Sugiono. 2006. Statistik untuk Penelitian, Bandung: CV ALFABETA.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.88

Flag Counter   Â