Citra PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam Pemberitaan Surat Kabar

Vinta Aulia Gandhina, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Media massa memberikan kontribusi untuk membangun realitas sosial masyarakat dan citra perusahaan di mata publik. Mengingat bahwa banyak informasi mengenai peristiwa subjek, atau perusahaan tiba kepada para pemangku kepentingan dengan perantara media massa. Oleh karena itu, pentingnya mengelola relasi yang baik dengan media dan mengukur citra perusahaan. Salah satu pengukuran citra perusahaan sering didasarkan pada jumlah pemberitaan yang muncul di media massa. Pembahasan pertama dari penelitian ini adalah pesawat N219 adalah yang di produksi oleh PT. Dirgantara Indonesia (Persero), maka penelitian ini berjudul “Citra PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam Pemberitaan Surat Kabarâ€. Pesawat N219 menjadi isu yang sedang hangat dibicarakan oleh publik. Pesawat N219 dianggap merepresentasikan pesawat N250 dan momentum kembali bangkitnya industri kedirgantaraan di Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana publik mencitrakan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) melalui isu produksi pesawat N219. Penelitian ini akan fokus pada agenda pemberitaan media massa terhadap citra PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam isu pesawat N219. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis isi teks berita pada surat kabar Kompas periode tahun 2016. Penelitian ini mengukur tujuan citra/image perusahaan, yaitu public understanding, public confidence, public support, dan public cooperation. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel secara purposif. Hasil dari penelitian ini adalah pemberitaan terkait isu pesawat N219 pada surat kabar Kompas tahun 2016 memiliki nilai positif terhadap citra PT. Dirgantara Indonesia (Persero).


Keywords


Citra, Surat Kabar, Tujuan Citra

References


Dearing, James W., & Rogers, Everett M. (1996). Agenda Setting: Communication Concept 6. Thousand Oaks: Sage Publications Inc.

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Humas Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulianita, Neni. (2012). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U-LPPM UNISBA).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7123

Flag Counter   Â