Strategi Marketing Public Relations PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) dalam Mempromosikan Pembaruan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif

Annisa Ermalinda, Tresna Wiwitan

Abstract


Dengan adanya pembaruan terhadap kereta ekonomi Argo Parahyangan ini merupakan sebuah langkah yang baik yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Adanya pembaruan ini memiiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa kereta api dan menarik minat masyarakat yang belum menggunakan menjadi menggunakan kereta api ekonomi sebagai salah satu alat transportasi untuk Bandung-Jakarta maupun sebaliknya. Hal ini juga dapat membuat peningkatan jumlah penumpang kereta api ekonomi Argo Parahyangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mepromosikan kereta ekonomi Argo Parahyangan ini dengan focus penelitian mengenai cara pull strategy dalam menarik pengunjung, push strategy dalam mendorong dari sisi pemasaran, dan pass strategy sebagai upaya mempegaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, studi kepustakaan dan dokumen. Hasil penelitian berdasarkan analisis hasil wawancara,  dan analisis data, sehingga dapat membuktikan bahwa Public Relations dan Marketing Communications PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat menarik dan mendorong dalam hal pemasaran,  serta  menciptakan opini publik yang menguntungkan melalui strategi Marketing Public  Relations. Hasil penelitian menujukan bahwa kegiatan pull strategy yang dilakukan yaitu berkolaborasi dengan media sosial, cetak, televisi, radiodan  juga membuat iklan layanan masyarakat seperti pemasangan spanduk, banner untuk melakukan publikasi dan promosi agar menarik minat pelanggan, kegiatan push strategy yang dilakukan yaitu dengan berkerjasama dengan B2B (business to business) agar mempermudah dan mendorong para pelanggan dalam tenaga penjualan tiket kereta api, kegiatan pass strategy yang dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan CSR yang sifatnya memberikan bantuan sosial dengan bantuan lepas ataupun memberikan pinjaman modal dengan bunga yang rendah.

Keywords


Pull Strategy, Push Strategy, Pass Strategy

References


Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communications Orchestra. Bandung : Examedia Publishing

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Pusat Penerbitan Universitas Islam Bandung.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7079

Flag Counter   Â