Strategi Marketing Public Relations PT.CMNC Melalui Rebranding Produk Jasa Travel Shuttle

Nadia Az Zahra, Ani Yuningsih

Abstract


Bisnis jasa travel shuttle sekarang ini sudah sangat berkembang terutama di Kota Bandung. Perusahaan jasa travel shuttle di Kota Bandung sangatlah banyak, mulai dari shuttle standar sampai shuttle premium semua tersedia. PT.Cipaganti Cipta Graha merupakan perusahaan pelopor bisnis jasa travel shuttle di Kota Bandung, dengan produknya Cipaganti Travel. Cipaganti Travel dijadikan acuan oleh travel shuttle lain dalam segi unit maupun layanan. Pada tahun 2014 PT.Cipaganti Cipta Graha mengalami penurunan yang sangat besar karena kasus penipuan dan penggelapan dana yang menimpa pemimpin perusahaan yang mengharuskan perusahaan untuk berhenti beroperasi. Pada tahun 2015, PT.Citra Maharlika Nusantara Corpora (CMNC) mengambil alih PT.Cipaganti Cipta Graha dan melakukan rebranding untuk seluruh unit usaha termasuk Cipaganti Travel. Rebranding yang dilakukan meliputi hampir seluruh elemen perusahaan dan menjadikannya seperti perusahaan baru. Rebranding yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan reputasi perusahaan dan juga menyelamatkan perusahaan dari kehancuran. Rebranding yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah rebranding produk Cipaganti Travel yang berubah menjadi MGo Shuttle. Promosi yang dilakukan tidak tidak hanya menarik penjualan namun juga menarik hubungan dengan pelanggan dan memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan.Dari kasus tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai strategi marketing public relations PT.CMNC melalui rebranding produk jasa travel shuttle.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus utama dalam penelitian ini adalah rebranding yang dilakukan dan strategi marketing public relations, three ways strategy yaitu pull,push,pass strategy. Hasil dari penelitian ini adalah proses rebranding yang dilakukan oleh PT.CMNC diawali dari pergantian manajemen, lalu renaming, redesigning, relaunching dan repositioning. Promosi yang dilakukan oleh PT.CMNC adalah dengan mengikuti berbagai event baik itu sebagai pengisi maupun sponsorship, lalu mempromosikannya melalui berbagai media seperti flyer,spanduk,media cetak,radio, televisi dan juga media sosial. Selain melalui media media tersebut, perkenalan produk juga dilakukan langsung kepada konsumen saat melakukan reservasi dan perusahaan juga berusaha untuk mebuat hubungan yang erat dan baik dengan konsumen, hal tersebut dilakukan dengan cara melibatkan konsumen dalam beberapa event dan juga memberikan beberapa promo bagi konsumen.

Keywords


Travel Shuttle, Marketing Public Relations, Rebranding, Studi Kasus.

References


Gaffar Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel (Customer Relationship Management and Marketing Public Relations). Bandung : ALFABETA,cv.

Ruslan Rosady. 1998. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Yulianita Neni. 2003. Dasar-Dasar Publik Relations. Bandung : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung.

Ahonen,M. 2008. Corporate Re-Branding Process:A Preliminary Theoretical Framework. Wroxton, England

Daly,A dan Moloney,D. 2004. Managing Corporate Rebranding. Irish Marketing Review. Vol.17 No.1/2

Muzellec,L., Doogan ,M.,dan Lambkin, M. 2003. Corporate Rebranding-an Exploratory Review.Irish Marketing Review. Vol.16 No.2

Muzellec,L., dan Lambkin, M. 2006 Corporate Rebranding : Destroying, Transfering, or Creating Brand Equity?. European Journal of Marketing. Vol.40 No.7/8

Stuart,H., dan Muzellec,L. 2004. Corporate Makeovers : Can a Hyena Be Rebranded ?. Journal of Brand Management.Vol.11 No.6




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7058

Flag Counter   Â