Sosialisasi Minat Baca Kepada Duta Perpustakaan Melalui Pembekalan Duta Perpustakaan

Hana Hasanah, Oji Kurniadi

Abstract


Minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah minimnya budaya baca di masyarakat. Dispusipda Jabar sebagai lembaga pemerintah yang memiliki misi untuk mewujudkan pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat, mengangkat Duta perpustakaan untuk menjadi icon dan penggerak literasi di masyarakat. Untuk memaximalkan kinerja Duta perpustakaan tersebut, Dispusipda Jabar mengadakan sosialisasi minat baca kepada Duta perpustakaan melalui pembekalan Duta perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan komunikator, isi pesan dan media dalam kegiatan sosialisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan wawancara, observasi dan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa penetapan komunikator dilakukan dengan mempertimbangkan aspek prestasi, pengalaman, kecenderungan untuk dikenal dan disukai, kesamaan demografik, dan kemampuan komunikator dalam menggunakan teknik penyusunan pesan persuasive. Selain itu, untuk penentapan isi pesan, dilakukan dengan mempertimbangkan aspek penyampaian pesan yang relevan, factual, serta actual, yang  disampaikan dengan memperhatikan pengaturan volume suara, penekanan intonasi, mimik muka, humor dan penggunaan bahasa ilmiah popular. Sedangkan untuk penentuan media dilakukan dengan mempertimbangkan aspek  audio, visual dan  audio visual seperti pemutaran lagu mars pustakawan, pemasangan slide, rol banner, stiker serta kegiatan sosialisasi yang dilakukan dalam bentuk  pertemuan secara tatap muka yang disertai  interaksi untuk melakukan tanya jawab.


Keywords


Sosialisasi, strategi komunikasi, minat membaca.

References


Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Persada

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komuikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedia Komunikasi P-Z . Bandung: Simbiosa Rekatama

Media

Widjaja, 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta. PT Bumi Aksara

HYPERLINK "http://www.seputarbandungraya.com/2016/05/tingkatkan-minat-membaca-bandung.html

HYPERLINK “http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6977

Flag Counter   Â