Marketing Public Relations PT. POS INDONESIA (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pada Pebisnis Online

Roby Syaftian Putra, Dadi Ahmadi

Abstract


PT. POS INDONESIA (Persero) merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam bentuk perusahaan yang melayani masyarakat Indonesia dalam hal pengiriman barang. PT. POS INDONESIA (Persero) ini berusaha menawarkan kerjasama yang cukup luas kepada Perusahaan maupun pengusaha yang menggeluti di Dunia Bisnis Online. Dari kerjasama ini mudah-mudahan timbul adanya sebuah keuntungan bagi PT. POS INDONESIA (Persero) dalam tujuan utamanya untuk melayani masyarakat di bidang hal pengiriman barang maupun dokumen-dokumen lainnya.Dalam penelitian ini, peneliti lebih memfokuskan kepada apa saja langkah-langkah Marketing Public Relations PT. POS INDONESIA (Persero) dalam meningkatkan pelayanan jasa pengiriman barang pada Para Pebisnis Online (Online Shop). Dengan hal itu mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh peneliti dapat tercapai dan mengetahui apa yang diinginkan PT. POS INDONESIA (Persero) terhadap para customer / pelanggannya itu khususnya Para Pebisnis Online (Online Shop).Hasil dari penelitian ini, Strategi Marketing Public Relations PT. POS INDONESIA (Persero) harus lebih ditingkatkan lagi dalam pengenalan jasa pengiriman barang melalui beberapa radio swasta di Bandung, pembagian beberapa brosur terhadap masyarakat, promosi penjualan ke beberapa daerah, dan pelaksanaan Kegiatan Special Event yang dapat dikenal oleh masyarakat, khususnya Para Pebisnis Online (Online Shop).


Keywords


Marketing Public Relations, Pebisnis Online (Online Shop), Three Ways Strategy (Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy)

References


komunikator dalam berhubungan dengan publik dan masyarakat. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

F. Vanessa, Gaffar. 2007. CRM dan MPR Hotel (Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta.

Komunikasi Pemasaran sebagai Strategi memperluas Pasar, (http://www.esaunggul.ac.id/article/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/). Tanggal akses 29 Mei 2017, Pukul 09.47 WIB.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing Media Public Relations membangun Citra Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rubiansyah, Debi, Ahmadi, Dadi. 2014. Strategi Marketing Public Relations Radio Ardan dalam menciptakan Branding Radio Anak Muda, http://repository.unisba.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/7200?show=full. Tanggal akses 08 Agustus 2017, Pukul 15.15 WIB.

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM Unisba).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6976

Flag Counter   Â