Komunikasi Organisasi Humas PT.Dirgantara Indonesia

Wisnu Maulana Akbar, Maman Chatamallah

Abstract


PT.Dirgantara Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan BUMN yang bergerak dibidang produksi pesawat yang berjaya sebelum 1998, setelah tahun 1998 diberitakan bahwa perusahaan PT.Dirgantara Indonesia jatuh dan bangkrut. Tetapi perusahaan ini sebenarnya tidak benar benar bangkrut, perusahaan ini berusaha dengan memperbaiki sistem managemen termasuk komunikasi organisasi di dalamnya. Pada akhirnya perusahaan ini bisa bangkit dari keterpurukan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi organisasi internal di divisi humas PT.Dirgantara Indonesia dalam kinerja yang di lakukan sehingga dapat menciptakan citra yang baik terhadap perusahan. Peneliti meneliti bagaimana komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal yang di lakukan dengan divisi selain humas ketika melakukan tugas, strategi yang di lakukan agar komunikasi itu berjalan lancar, pengaruh komunikasi terhadap kinerja, hambatan komunikasi dan program yang di lakukan untuk membuat perusahaan menunjukan kembali eksistensinya.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal, dimana studi kasus merupakan pendekatan dalam penelitian yang menelaah suatu kasus secara intensif mendalam, detail dan komprehensif.Dari hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi organisasi internal humas PT.Dirgantara Indonesia berjalan baik meskipun mengalami beberapa hambatan tetapi memiliki strategi bagaimana komunikasi itu bisa berjalan dengan baik. Seperti memanfaatkan kedekatan secara personal dengan manager dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai hal yang dapat mempermudah komunikasi dan hal ini berdampak pada kinerja humas dalam menaikan citra perusahaan dimata masyarakat lebih baik.


Keywords


komunikasi organisasi internal, kinerja, PT Dirgantara Indonesia

References


Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara

Soemirat, Ardianto Elvinaro dan Soleh. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: P2U-LPPM Unisba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6968

Flag Counter   Â