Makna Citra Diri di Kalangan Pengguna Iphone

Ghina Afifah Hikmat, M E Fuady

Abstract


Citra diri adalah cara kita memandang diri sendiri dan pada waktu yang bersamaan kita juga sedang menganggap orang lain mempunyai gambaran yang sama tentang kita. Setiap perilaku manusia memiliki potensi untuk dapat ditafsirkan, salah satunya adalah komunikasi artifaktual yang termasuk ke dalam jenis komunikasi nonverbal, atau biasa disebut dengan artefak. Benda-benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan dalam interaksi manusia sering mengandung makna-makna tertentu, salah satu benda yang sangat simbolik di kalangan mahasiswa Unisba adalah iPhone. Kebutuhan hidup untuk bisa selalu terhubung dan bersosialisasi dengan sesama pada akhirnya menimbulkan rasa gengsi bagi para penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik, dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Informan yang diteliti yaitu enam orang mahasiswa Unisba dengan kriteria seorang pengguna iPhone. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa keenam mahasiswa membentuk dan memaknai citra diri mereka melalui artefak yaitu dengan menggunakan iPhone. Secara mind keenam mahasiswa nyaman menggunakan iPhone yang terbilang mahal tetapi memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya. Secara self, diri keenam mahasiswa merasa lebih percaya diri dengan menggunakan iPhone. Secara society, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sekelilingnya memberikan dorongan kepada keenam mahasiswa untuk tetap setia menjadi pengguna iPhone hingga saat ini dan seterusnya.


Keywords


Citra Diri, Iphone, Interaksi Simbolik, Komunikasi Artifaktual

References


Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soemirat dan Elvinaro Ardianto. 2016. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6890

Flag Counter   Â