Strategi Brand Jamming dalam Kampanye “Starâ€

Jajang Jamaludin, Wulan Trigartanti

Abstract


Sebanyak 61% masyarakat Bandung adalah perokok. Angka ini mengantarkan Bandung menjadi Kota Perokok tertinggi di Indonesia. Bandung juga dinyatakan sebagai “juara†paparan iklan rokok dengan presentasi 97%. Iklan rokok di Kota Bandung dinilai telah mengepung lingkungan sekolah. Padahal sekolah merupakan salah satu wilayah KTR yang tidak memperbolehkan adanya iklan, promosi, dan sponsor rokok sampai radius tertentu. Untuk mengurangi perokok pemula, komunitas Smoke Free Bandung (SFB) melakukan kampanye “STAR†dengan menggunakan strategi brand jamming untuk mendistorsi proses brand activation industri rokok melalui aktivitas iklan, promosi, dan sponsor. Rumusan masalah penelitian ini berupa (1) Bagaimana strategi stakeholder relations, (2) Bagaimana strategi menghadapi kendala atau hambatan (bariers), (3) Bagaimana strategi publisitas; dan (4) Mengapa strategi brand jamming ini dipilih sebagai strategi kampanye “STARâ€. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Dengan strategi stakeholder relations, SFB mampu melibatkan berbagai pihak untuk ikut berpartisipasi. Pihak sekolah yang berhasil terlibat adalah SMPN 7 Bandung dan SMPN 2 Bandung. Pihak pemerintah yang terlibat adalah RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kepolisian dan TNI setempat. SFB berhasil mengumpulkan berbagai volenteer dari berbagai kampus di kota Bandung seperti Unisba, Unpad, UIN Bandung, Unpar, ISMKI dan komunitas BRB.  SFB berhasil merangkul berbagai pihak media baik radio, media cetak, mau pun media online. 2). Hambatan kampanye ada dua, yakni hambatan dari pihak sekolah dan hambatan dari pemilik warung. Hambatan-hambatan tersebut berupa motivasi yang rendah, faktor prasangka, dan noice-faktor. 3). SFB melakukan dua teknik publikasi, publikasi sendiri dan publikasi dengan menggunakan media massa seperti radio dan surat kabar. 4). Strategi brand jamming dipilih karena dinilai tepat untuk mendistorsi aktivitas brand activation yang dilakukan industri rokok melalui iklan, promosi dan sponsornya.


Keywords


brand jamming, kampanye

References


Abdurrachman, Oemi. 1979. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: Penerbit Alumni.

Astuti, Santi Indra. 2015. Brand Jamming, Brand Activation & Media Literacy: Melawan Industri Rokok dalam Menjaring Replacement Smokers. Makalah. Laporan Pelaksanaan Kampanye STAR, Bandung.

Syafar, Thaha, Rachmt. 2013. Syafar Perilaku Merokok Remaja Sekolah Menengah Pertama. Kesmas.

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/01/24/bandung-kota-iklan-rokok-391582

(Diakses: 26/02/17).

http://www.depkes.go.id/article/print/16060300002/htts-2016-suarakan-kebenaran-jangan-bunuh-dirimu-dengan-candu-rokok.html (Diakses: 26/02/17)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6884

Flag Counter   Â