Strategi Komunikasi Manajer PT.PLN Area Purwakarta dalam Mencapai Target Kinerja
Abstract
Abstract.The title of this research is “Manager Communication Strategy in achieving performance targetsâ€. PT. PLN Area Purwakarta Assistant manager is someone who takehold of lead under the main leader that is PT PLN Area Purwakarta Manager. Assistant Manager lead directly operational employee, as for sector which is leaded by Assitant manager is divided to 5 sections: Assistant manager of administration and costumer servicing. Asisstant manager of energy transaction, assistant manager of evaluating and planning, assistant manager of contruction, assistant manager of network. Purpose of the research is for knowing about communication strategy activity which was done by PT. PLN Area Purwakarta Assistant manager in achieving performance targets based on communication targets aspect, media election, message comprehending and comunicator’s role in communication.Research Method which was used by writer is decriptive method in order to describe communication strategy activity of PT. PLN Area Purwakarta Assitant Manager in achivieng performance targets. Collecting data with 2 key informans they are assistant manager of contruction and assistant manager of energy transaction. Then for ading interviewe result, writer did obesvation, literatul study and documentation.Depend on the result of the research, can be known that communication strategy activity of PT. PLN Area Purwakarta Asistan Manager in achieving performance targets from communication target identification is quite good, also it aid by applying commnication program in there. Then the aspect from media electing is pretty match with the activity neccesary. Whereas for message comprehending which was used on event is quite match either with known for the message gist or with apllying PT. PLN (Persero) communication program. Communicator role in communcation also show that PT. PLN (Persero) Assitant Manager have either attractiveness or credibelity so communication proccess can be done vey well.
Abstrak.Judul penelitian ini adalah “Strategi komunikasi Manajer dalam mencapai target kinerjaâ€. Asisten Manajer PT. PLN Area Purwakarta adalah jabatan struktural di bawah Manajer Area PT. PLN Area Purwakarta selaku pemimpin tertinggi disana. Asisiten manajer mengepalai langsung karyawan operasioanal, adapun asisten manajer dibagi menjadi 5 bidang yaitu: (1)Asisten Manajer Pelayanan Pelanggan dan Administrasi; (2)Asisten Manajer Transaksi Energi; (3)Asisten Manajer Perencanaan dan Evaluasi; (4)Asisten Manajer Kontruksi; (5)Asisten Manajer Jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Asisten Manajer PT. PLN Area Purwakarta dalam mencapai target kinerja dengan melihat aspek pengenalan sasaran komunikasi, pemilihan media, pengkajian pesan dan peran komunikator dalam komunikasi.Metode penelitian yang digunakan penulis ialah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kegiatan strategi komunikasi Asisten Manajer PT. PLN Area Purwakarta dalam mencapai target kinerja 2017. Dalam pengumpulan data dengan 2 orang key informan yang merupakan Asisten Manajer Kontruksi dan Asisten Mnajaer Transaksi Energi. Kemudian untuk menunjang hasil wawancara tersebut, peneliti juga melakukan beserta observasi, studi literatur dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kegiatan strategi komunikasi Asisten Manajer PT. PLN Area Purwakarta dalam mencapai target kinerja dari segi aspek pengenlan sasaran komunikasi sudah baik, juga ditunjang dengan pengaplikasian program komunikasi didalamnya. Begitupun dengan pemilihan media sudah sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan yang dilakukan. Sedangkan untuk pengkajian pesan yang digunakan pada kegiatan sudah tepat dengan mengetahui inti dari pesan tersebut dan dengan mengaplikasikan program-program komunikasi PT. PLN (Persero). Pada peran komunikator dalam komunikasi juga memperlihatkan bahwa Asisten Manajer PT. PLN Area Purwakarta memiliki unsur daya tarik dan komponen kredibilitas sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: CV. Amrico.
Barata, Atep Adya. 2004. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung:. PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siahaan, S. M. 1991. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia
Hasbiansyah, Rachmatie, Khotimah, Ahmadi. (2013). Strategi Komunikasi Politik dan Budaya Transparansi Partai Politik. Bandung : Jurnal Mimbar. Vol.29, NO 2: 123-132
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6863
  Â