Strategi Humas Kota Cimahi dalam Mewujudkan Kota Kreatif

Deszra Aszari, Nova Yuliati

Abstract


Abstract.Public relations is a profession that is related to an image. In this case, image is about general picture of a company in which someone works for. At this time, a number of companies are hiring a public relation for a spesific work which is all about creating, preserving, re-building, and repairing an image of the company and it has a purpose for getting trust. Not only a company do that but also the Goverment of Cimahi City do the same way. Public relations of Cimahi City is the one who has a responsibility for the image of Cimahi City.The purpose of this study is to know what the public relations of Cimahi City have done to create an image of a creative city, this image comes under the vision and mission of Cimahi City 2016-2017, it is called Cimahi C.E.R.D.A.S. the acronim of Creative, Egaliter, Responsif, Dinamis, Agamis, and Sinambung. The objects of the study is Public relations of the Goverment of the Cimahi City, Publications and Documentations Department. This study uses a descriptive method, this method is used to explain an event or a situation of something, this method is not finding a connection. The purpose of a descriptive method is to collect all the actual information and describe the symptom of what happened.This study uses a strategic public relations theory which is proposed by Rosady Ruslan in his book, entitled “Manajemen Public relations dan Media Komunikasi†(2007). According to Ruslan (2007), there are 5 aspects of public relations strategies that can be done to reach a goal, the aspects are: “1. Strategi Operasional, 2. Pendekatan persuasif dan edukatif, 3. Pendekatan tanggung jawab sosial humas, 4. Pendekatan kerjasama, dan 5. Pendekatan koordinatif dan integratifâ€. By using all these aspects of public relatiosn strategies, this study found what the strategy public relations of Cimahi City is which is to actualize a creative city image. One of the strategies is by making an international events called Baros International Animations Festival or BIAF to be a publication or media in imaging the city, doing a roadshow and talkshow to educate and persuade citizen of Cimahi about creative city, developing an area called Baros to reach the creative city, making collaboration with citizens to reach a creative city image, doing a contribution to citizen, and doing a cooperations with another institutions to help the BIAF event to make the event established easier.

Abstrak.Humas atau Public Relations adalah sebuah profesi yang memiliki hubungan dengan sebuah citra atau seringkali disebut dengan pencitraan. Citra yang dimaksud di sini adalah sebuah gambaran secara umum mengenai sebuah perusahaan atau lembaga dari tempat PR tersebut bekerja. Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan public relations untuk membentuk, memelihara, memperbaiki citra dari perusahaan itu sendiri dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakatnya baik eksternal maupun internal. Salah satunya adalah Pemerintahan Kota Cimahi yang memiliki bagian humas untuk mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan citra Kota Cimahi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh humas Kota Cimahi dalam menumbuhkan citra sebagai kota kreatif yang ada di dalam visi dan misi Kota Cimahi tahun 2016-2017, yaitu Cimahi C.E.R.D.A.S. yang merupakan akronim dari Creative, Egaliter, Responsif, Dinamis, Agamis, dan Sinambung. Adapun objek penelitian ini adalah Humas Kota Cimahi bag. Publikasi dan Dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan  adalah deskriptif, yakni metode penelitian yang memaparkan peristiwa atau sebuah keadaan, tidak mencari adanya hubungan. Tujuan dari metode penelitian deskriptif ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang aktual dan melukiskan gejala yang ada.Penelitian ini menggunakan teori strategi humas yang dikemukakan oleh Rosady Ruslan di dalam buku Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (2007). bahwa ada 5 aspek strategi humas yang dapat dilakukan untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu: 1. Strategi Operasional, 2. Pendekatan persuasif dan edukatif, 3. Pendekatan tanggung jawab sosial humas, 4. Pendekatan kerjasama, dan 5. Pendekatan koordinatif dan integratif. Dengan menggunakan aspek-aspek strategi humas tersebut peneliti dapat menemukan kegiatan apa yang dilakukan oleh Humas Kota Cimahi untuk mewujudkan citra yaitu di antaranya membuat kegiatan program Baros Internasional Animation Festival sebagai alat atau media publikasi dan pencitraan bagi Kota Cimahi, melakukan kegiatan roadshow dan talkshow untuk mempersuasi dan mengedukasi masyarakat mengenai citra kota kreatif, melakukan pembangunan dan pemanfaatan lahan Baros untuk kepentingan bersama dalam mencapai  citra kota kreatif, melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat mendukung berlangsungnya event BIAF agar mempermudah menumbuhkan citra kota kreatif, membuat kerjasama dengan kementerian untuk menggambarkan lingkup humas Kota Cimahi yang lebih luas.


Keywords


Public Relations Cimahi City, Public Relations Strategy, Image, Creative City

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Coombs, W. Timothy. Holladay, J Sherry. 2010. Public Rrelations Strategy and Application Managing Influence. United Kingdom: Wiley-Blackwell.

Kriyantono, Rakhmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal, Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh. Ardianto Elvinaro. 2008. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Unversitas (P2U)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6172

Flag Counter   Â