Kegiatan Media Relations di Dinas Agama Provinsi Jawa Barat sebagai Sarana Penyampaian Informasi kepada Masyarakat

Ghina Gerizkyna, Maman Chatamallah

Abstract


Abstract.Public Relations Department in governmental institution on West Java were established to issue government policies towards general public. Governmental institution has a broad range of public observer. One of them is mass media that used by Public Relations as a way to communicate information regardings govermental issues, Public Realtions is also liable to maintain goodwill with mass media. Public Relations use media relation strategy as a method to maintain goodwill with mass media. This research entitled “Kegiatan Media Relations di Dinas Agama Provinsi Jawa Barat sebagai Sarana Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat†The purpose of this study is to identificate how media relations acticvity that have been done by Regional Office of West Java Ministry of Religion as a method to deliver information towards general public. This research use desciptive method to describe and explain the researched phenomenon whitout proposing any hypotesis. At the same time, interviews, documentation, observtions, documentations, and study of litetarure are carried out to support this research. The Informant is a Public Relations in that government and journalist at Pikiran Rakyat. Media relations activity on Regional Office of West Java Ministry of Religion such as (1) How activity Press Release (2) How activity Press Interview (3) How activity Press Conference (4) How Press Room provision (5) How activity Press Tour, and (6) How activity Press Reception had been properly held even though there’s several minor problem wich could be managed by Public Relations Department. Yet, this research conducted in expectation to improve media relations activity with more capability and inovation to handle the problems that occured.

Abstrak.Biro Humas dalam suatu instansi pemerintahan Provinsi Jawa Barat dibentuk bertujuan untuk mempublikasikan kebijakan pemerintah. Instansi pemerintah memiliki publik yang begitu luas. Salah satunya adalah media, yang digunakan Humas untuk menyampaikan informasi suatu kegiatan, Humas juga dituntut untuk selalu menjaga dan membina hubungan baik dengan media. Humas atau sekarang disebut dengan Public Relations menggunakan strategi atau kegiatan media relations sebagai sebuah taktik dalam menciptakan serta membina hubungan baik dengan media. Penelitian ini berjudul “Kegiatan Media Relations di Dinas Agama Provinsi Jawa Barat sebagai Sarana Penyampaian Informasi kepada Masyarakat†Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan media relations yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat sebagai sarana penyampaian informasi ke masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang diteliti tanpa melakukan hipotesis. Sedangkan data untuk menunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi kepustakaan. Informan yang menjadi narasumber adalah Humas di kantor tersebut, wartawan Pikiran Rakyat. Kegiatan media relations di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di antaranya adalah (1) Bagaimana penulisan Press Realese (2) Bagaimana kegiatan Press Interview (3) Bagaimana kegiatan Press Conference (4) Bagaimana penyediaan Press Room (5) Bagaimana kegiatan Press Tour dan (6) Bagaimana kegiatan Press Reception, telah terlaksana dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala-kendala kecil yang masih dapat diatasi oleh Humas. Namun diharapkan dengan adanya penelitian ini akan didapat berbagai kegiatan media relations lain yang lebih menunjang dan berinovasi untuk meminimalisir kendala-kendala yang pernah terjadi.


Keywords


Media Relations Activity, Religion Government, A Method To Deliver Information

References


Alamsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ardianto, Elvinaro. 2004. Public Relations: Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asumpa, Maria. 2002. Konsep Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. 2002. Jakarta: PT. Grasindo.

Bungin, Burhan. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju.

Emeraldy, Chatra dan Rulli Nasrullah. 2008. Public Relations: Strategi Kehumasan dalam Menghadapi Krisis. Bandung: Maximalis.

Faisal, Sanapiah. 2001. Format-format Penelitian Sosial, Dasar-dasar dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations: Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. 2012. PR and Crisis Management: Pendekatan Critical PR, Etnografi, Krisis dan Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: PT Gralia Indonesia

Nurudin, 2008. Hubungan Media:Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Rudy, T. May. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: PT Refika Aditama

Ruslan, Rosady. 2005. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah. Public Relations 2.0:Teori dan Praktik di Era Cyber. 2011. Jakarta: Gramata Publishing.

Soemirat, Soleh dan Ardianto Elvinaro. 2004. Dasar-dasar Public Relations Cetakan III. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tondowijodjo, John. 2002. Dasar dan Arah Public Relations. Jakarta: PT Grasindo.

Wahyuni, Isti Nursih. 2013. Komunikasi Massa. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wardhani, Diah. 2008. Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbit Universitas dan LPPM UNISBA

Sumber lain:

Ayu, Misra. 2010. Pelaksanaan Kegiatan Media Relations Biro Humas dan Protokol (BHP) dalam Membentuk Citra Unggul dan Islami. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

P., Monica Lovenia A. Aktivitas Media Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Saputra, Ruly Ratriandi. 2011. Kegiatan Media Relations Humas Kementrian Pekerjaan Umum dalam Memelihara Hubungan Baik dengan Wartawan. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung

Internet:

http://khm204.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/597/2015/04/Media-Relations-Pertemuan-8.ppt?sixuojqxlnydqeia?zwskbzrihojjsiqq (diakses pada Rabu, 11 Mei 2016 Pukul 17:54 WIB)

jabar.kemenag.gb o.id (diakses pada Rabu, 17 Agustus 2016 pukul 13:03 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5955

Flag Counter   Â