Kontribusi Kinerja Marketing Communication dalam Membangun Citra Perusahaan Pikiran Rakyat

Adlan Ghilmandzar, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract.This research entitles “ The Contribution of Marketing Communication’s Performance in Increasing The Company Image.â€. This research aims to find out whether a good performance from Marketing Communication can help a company in improving the company image by using Robin’s Performance Indicators; Quality, Quantity, Timeliness, Effectiveness, and Independence. The theory used in this research is the theory of Image by Frank Jefkins. This research uses quantitative descriptive methods. The data collecting techniques used in this research are questionnaire and observation. The population and sample of this research are 60 respondents who were Pikiran Rakyat’s customers who have collaborated in an event or activity, taken randomly from the data. Based on the data taken from 60 respondents, the writer got results of Robin’s performance indicators cumulatives as follows; the cumulative number of quality indicator is 918, the cumulative number of quantity is 683,the cumulative number of timeliness is 685, the cumulative number of effectivity is 464, and the cumulative number of independency is 693. The numbers of the cumulatives shows significancy of the performance of Pikiran Rakyat’s marketing communication,and its positive influence to the increase of the company image.

Abstrak.Penelitian ini berjudul Kontribusi Kinerja Marketing Communication dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja Marketing Communication yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaan. Penulis meneliti hal tersebut dengan menggunakan teori citra yang di kemukakan oleh Frank Jefkins (2003) dan mengaitkan citra dengan pengaruh kinerja karyawan yang diukur oleh beberapa indikator. Menurut Robbins (2006) indikator tersebut yaitu Kualitas, Kuantitas, Ketepatan Waktu, Efektifitas dan Kemandirian. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Penulis menentukan populasi penelitian sebanyak 150 pelanggan Pikiran Rakyat yang bekerja sama dalam penyelenggaraan suatu acara, dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 60 responden berdasarkan perhitungan yang dilaukan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan data yang diambil dari 60 responden, penulis mendapatkan angka kumulatif indikator kinerja Robin dengan sebagai berikut; kumulatif indikator kualitas berjumlah 918, indikator kualitas kuantitas berjumlah 683, kumulatif indikator ketepatan waktu berjumlah 685, kumulatif indikator efektifitas berjumlah 464, dan kumulatif indikator kemandirian berjumlah 693. Angka kumulatif tersebut menunjukan signifikansi kinerja marketing komunikasi, dan pengaruh positifnya dalam peningkatan citra perusahaan Pikiran Rakyat..


Keywords


Contribution, Performance, Image, Marketing Communication

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

¬________________, 1993. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Hidayatullah, Arief. 2011. Kontribusi Usahatani Jagung Terhadap Pendapatan Petani di Desa Pulai DAmar Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Media Sains, Vol. 3(1): 67.

Jefkins, Frank. 2003, Public Relations, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi 11 jilid 1 dan 2 Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks,Jakarta

Mangkunegara, Anwar Prabu . 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rivai, Veithzal. 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari

Teori ke Praktik, Jakarta : RajaGrafindo Persada

Rivai, Vethzal & Basri. 2005. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Ruslan, Rosadi. 2003. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Terence A. Shimp. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Timpe, A Dale, (1993). Kinerja Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta,

PT. Elex Media Komputindo, Gramedia.

Wijaya, Amin Tunggal. 1993. Manajemen suatu Pengantar, Cetakan Pertama, Rineka Cipta Jaya, Jakarta.

Wiryanto, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grameia Wiiasarana Indonesia.

Wungu & Brotoharjo.2003. Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda Dengan Merit Sistem. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5847

Flag Counter   Â