Pelayanan Prima 4G Telkomsel oleh Customer Service GraPARI

Rizki Ramdani Rohmatulloh, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract.Telkomsel is one of the largest cellular operator company in Indonesia and it is a subsidiary of PT. Telkom Indonesia.One of the newest products that launched by  Telkomsel is 4G service, that customers able to use the fastest Internet service to upload, download and Streaming. Grapari telkomsel is home service of telkom indonesia that it helps to solve problems of Telkomsel's Products such as 4G Telkomsel, change the old SIM card to 4G, complain of customers about the service, also to give more information about telkomsel's products.The purpose of this study is to understand, clearly describe and detailing about excellent service of customer service grapari telkomsel BEC to 4G Telkomsel's customer. it also to understand level of customer respond through servqual dimension of quality communication service that in this study has 4 dimensions of quality of service as follow reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible. the research method of this study is descriptive method that it using questioner, interview, and literature. the sample obtained by using accidental sampling, there are 94 persons who become the respondent and sampling that they are the user of 4G telkomsel who ever visited Grapari Telkomsel BEC. From this study we can share the quality of communication services that given by Grapari in reliability part, responsiveness part, assurance part, empathy part, and tangible part based on respondent responded, customer service of Grapari telkomsel BEC is quite satisfactory but it's still not optimal yet and need to be improved to upgrade the service quality.

Abstrak.Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia dan merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia. Salah satu produk terbaru yang diluncurkan oleh Telkomsel adalah layanan 4G, dengan fasilitas 4G pelanggan dapat menggunakan layanan internet tercepat untuk meng-upload, download dan streaming. GraPARI Telkomsel adalah layanan telkom Indonesia yang membantu dalam memecahkan masalah dari Produk Telkomsel seperti 4G Telkomsel, mengganti kartu SIM lama ke 4G, mengeluhkan pelanggan tentang layanan, juga untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang produk. Tujuan penelitian adalah untuk memahami, menggambarkan dengan jelas dan merinci tentang layanan yang sangat baik dari customer service GraPARI telkomsel BEC untuk pelanggan 4G Telkomsel. Selain itu juga untuk memahami tingkat respon pelanggan melalui dimensi servqual dari kualitas customer service yang dalam penelitian ini memiliki 4 dimensi kualitas layanan sebagai berikut keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness,) rasa pasti (assurance), empati (empathy) dan bukti nyata (tangibles). metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggunakan kuesioner, wawancara, dan literatur. Sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling, ada 94 orang yang menjadi responden dan sampel, mereka adalah pengguna 4G telkomsel yang pernah mengunjungi Grapari Telkomsel BEC.Dari penelitian ini kita bisa mengetahui kualitas customer service yang diberikan oleh Grapari dalam aspek kehandalan, daya tanggap, rasa pasti, empati, dan bukti nyata berdasarkan jawaban responden, layanan customer service GraPARI telkomsel BEC cukup memuaskan tapi masih belum optimal dan perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.


Keywords


Service Quality, Customer Service, GraPARI

References


Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2012. Pemasaran Strategik. Edisi

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. CV. Andi Offset. Yogyakart

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lupiyodi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung:Mandar Maju




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5815

Flag Counter   Â