strategi manajemen krisis MQTV di tahap krisis resolusi-Husein Fahmi

Farhan Handian Yusmara

Abstract


The crisis situation creates public attention the company. Therefore, company has to communicate quickly, and the need for crisis management through crisis management strategy. Crisis management is a management processing, combating or controlling the crisis to restore the company's image. Stages of crisis management strategies in crisis resolution in needed by the company to restore the state of the company and restore the power company. Method used in this research is descriptive method. Here the author tries to describe objectively the MQTV crisis management strategy in the crisis resolution stage. The author examines the crisis management strategy in the stage of crisis resolution of MQTV by crisis management theory of Rusadi Ruslan. In this theory there are three strategies mentioned in crisis management such are prevention measures, countermeasures and evaluation. Based on the results of research through interviews and observations, MQTV crisis management strategy in the stage of crisis resolution generally run in accordance with the proposed crisis management theory of Rusady Ruslan. This shows that MQTV manage crisis management in the crisis phase of this resolution was appropriate existing theory that the crisis that plagued MQTV already passed the acute crisis and slowly MQTV have started to rise from his crisis.

 

Keywords: Crisis, Crisis Management Strategy, Crisis Resolution

 

Situasi krisis ini menciptakan perusahaan dalam posisi menjadi perhatian masyarakat sehingga mempertanyakan kompetensi manajemen perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus berkomunikasi dengan cepat, dan perlu adanya penanggulangan krisis dengan melalui strategi manajemen krisis dalam tahapan krisis resolusi. Manajemen krisis merupakan suatu manajemen pengolahan, penaggulangan atau pengendalian krisis hingga pemulihan citra perusahaan. Strategi manajemen krisis di tahapan krisis resolusi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memulihkan keadaan perusahaan serta mengembalikan kekuatan perusahaan perlu ditekankan dalam kasus yang dialami oleh MQTV Bandung ini. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Di sini penulis mencoba untuk menggambarkan secara objektif mengenai strategi manajemen krisis MQTV di tahap krisis resolusi. Penulis meneliti strategi manajemen krisis MQTV di tahap krisis resolusi menggunakan teori manajemen krisis dari Rusadi Ruslan. Dalam teori ini disebutkan ada tiga strategi dalam menangani manajemen krisis yaitu tindakan pencegahan, tindakan penanggulangan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan observasi, strategi manajemen krisis MQTV di tahap krisis resolusi pada umumnya berjalan sesuai dengan teori manajemen krisis yang dikemukakan Rusady Ruslan. Hal ini memperlihatkan bahwa MQTV menjalankan manajemen krisis di tahap krisis resolusi ini sudah sesuai teori yang ada sehingga krisis yang mendera MQTV ini sudah melewati masa krisis akut dan perlahan MQTV sudah mulai bangkit dari krisis yang pernah menderanya.

 

Kata Kunci : Krisis, Strategi Manajemen Krisis, Krisis Resolusi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.52

Flag Counter   Â