Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran di Kelas

shelvy marisa, Nurrahmawati Nurahmawati

Abstract


Abstract.This research title is “The Communication of  Lecturer  in the Classroomâ€. When a lecturer teach in the classroom not only the knowledge that they need, but also the way they communicate the messages, so their students will received it clearly. Researcher used etnography of communication approach with research questions are communication occasions, communication components and the relation for each components on public relations lecturer of Bandung Islamic University in the classroom. Researcher used observation, and indeepth interview with three Public Relations lecturer and two students as the data collecting method. Some communication occasion that can be seen as the result of this research are, outside the class before it begins, inside the class before it begins, inside the class while it begins, and outside the class after it finished. Communication occasion is formed through some components such as the type of occasion, communication purpose, setting, participant, type of message, message content, action sequences, and communication rules. The relation between this communication componets is the last result of this research which is in the form of communication pattern between Unisba Public Relations lecturer and students in the classroom.

Abstrak.Penelitian ini berjudul “Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran di Kelasâ€. Dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, selain pengetahuan yang dimiliki oleh dosen, dibutuhkan kecakapan dalam menyampaikan pesan, sehingga apa yang disampaikan oleh dosen dapat diterima dan dipahami dengan baik. Pendekatan yang digunakan adalah etnografi komunikasi dengan pertanyaan penelitian apa saja peristiwa komunikasi, komponen komunikasi dan hubungan antar setiap komponen pada komunikasi dosen Public Relations Universitas Islam Bandung dalam pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara mendalam dengan tiga orang dosen tetap Public Relations dan dua orang mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan dosen bersangkutan. Hasil penelitian ini terlihat beberapa peristiwa komunikasi yang terjadi, yakni di luar kelas sebelum memulai pembelajaran, di dalam kelas sebelum memulai pembelajaran, di dalam kelas pada saat pembelajaran, dan di luar kelas setelah pembelajaran. Peristiwa komunikasi terbentuk melalui beberapa komponen komunikasi seperti tipe peristiwa, tujuan komunikasi, setting, partisipan, bentuk pesan, isi pesan, urutan tindakan, dan kaidah komunikasi. Hubungan antar kompoen komunikasi ini merupakan hasil akhir penelitian yakni berupa pola komunikasi dosen Public Relations Universitas Islam Bandung dalam pembelajaran di kelas, yaitu pola komunikasi antara dosen Public Relations Universitas Islam Bandung dan mahasiswa pada saat pembelajaran di kelas.


Keywords


Etnography of Communication, Pattern of Communication, The Communications of Lecturer

References


Cangara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Effendy, O. Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Goldberg, Alvin A. 1985. Komunikasi Kelompok: Proses-Proses diskusi dan Penerapannya. Penerjemah: Koesdarini S., Gary R. Jusuf. Edisi Pertama. Jakarta: UI Press

Kuswarno, Engkus. 2011. Etnografi Komunikasi: Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. 2011. Bandung: Widya Padjdjaran

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, M. Pawit. 2010. Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik. Ed. 1. Cetakan 1. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4632

Flag Counter   Â