Promosi Street Gourmet Bandung

Novya Alyany, M Rochim

Abstract


Abstract.This thesis is entitled “Promotion of Street Gourmet Bandungâ€. The background of this thesis is based on the impressive growth rate of culinary business nowadays. Bandung as one of the major cities has rapidly attained their reputation as a tourist destination. Recent innovations surrounding the culinary business in Bandung then triggered competition among the communities. It was why every culinary businessman has attempted numerous best innovations to maintain their competitive edge. The research intends to solve the issue of promotion done by Street Gourment Bandung, the media utilized for promotion and motive of utilizing bus as a marketing media. Research data are obtained through observation, direct interview with Street Gourmet Leader and Street Gourmet Marketing Staff and one of the consumers of Street Gourmet Bandung. In addition, the primary data is supported by documentaries based data and supporting literatures relevant with issues proposed. Progressively, the research is analyzed using qualitative method with study case approach, in which the analysis presents data in form of written or verbal information from sources and observed behavior based on true events. Based on research results, Street Gourmet Bandung has conducted promotions based on 2 basic elements of marketing mix which are Sales Promotion and Publicity. The promotion utilized vouchers or discounts, joint promotion and mass media publication. Additionally, Street Gourmet Bandung also utilized social media as the main platform for promotion, and the reason to utilize bus as a marketing venue constitutes as next phase for marketing strategy. The author would like to propose that Street Gourmet Bandung to consistently carry out its promotion and embrace further development by including the five marketing elements for future progress. Promotion is inevitably a vital aspect related due to its potential to generate profit for the company. Media application should be further expanded to attract audience interest of Street Gourmet along with improvisation on the content mess

Abstrak.Skipsi yang berjudul “Promosi Street Gourmet Bandungâ€. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah melihat pada pertumbuhan bisnis kuliner yang saat ini berkembang pesat. Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia sebagai salah satu kota besar yang menjadi tujuan wisata. Banyaknya inovasi terbaru mengenai bisnis kuliner yang ada di kota Bandung menimbulkan persaingan diantara pengusaha yang bergerak dibidang ini. Oleh sebab itu setiap pengusaha kuliner ini berusaha memberikan inovasi yang terbaik agar mampu bersaing. Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana bentuk promosi yang dilakukan oleh Street Gourmet Bandung serta media yang digunakan untuk promosi Street Gourmet dan alasan Street Gourmet menggunakan bus sebagai sarana pemasarannya. Data penelitian dihimpun melalui teknik observasi, wawancara secara langsung dengan Leader Street Gourmet dan Staff Marketing Street Gourmet serta salah satu konsumen Street Gourmet Bandung serta didukung dengan data dokumentatif dan literatur pendukung yang relevan dengan permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu analisis yang menghasilkan data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sesuai dengan peristiwa sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bentuk promosi yang dilakukan oleh Street Gourmet Bandung ini memenuhi 2 unsur dari bauran promosi yaitu Sales Promotion dan Publicity, bentuk promosi ini menggunakan voucher atau diskon, promosi bersama serta publisitas melalui media massa. Selain itu juga media yang digunakan oleh Street Gourmet Bandung untuk melaksanakan bentuk promosi tersebut yaitu menggunakan media social sebagai media utama pada saat ini, dan alasan menggunakan bus sebagai sarana pemasarannya yaitu untuk melaksanakan strategi pemasaran yang telah dirancang sebelumnya.Agar Street Gourmet menjadi lebih baik lagi kedepannya, penulis menyaraknkan agar promosi Street Gourmet Bandung terus dilakukan dan lebih dikembangkan lagi dengan mencakup kelima bauran pemasaran yang ada. Hal itu disebabkan karena promosi merupakan salah satu kegiatan vital dalam pemasaran yang dapat memberikan dampak berupa profit bagi perusahaan tersebut. Lalu, penggunaan media yang lebih meluas lagi agar semakin banyak orang yang mengenal Street Gourmet serta pemanfaatan konten untuk sosial media agar dibuat lebih menarik lagi.


Keywords


Street Gourmet, Promotion, Marketing

References


Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Jakarta.

Kotler Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing (15th ed.). London: Pearson Education

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur Unsur Pemasaran. Bandung: CV Agung Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4442

Flag Counter   Â