Hubungan antara Strategi Promosi dengan Keputusan Calon Mahasiswa Memilih Universitas Islam Bandung

Akmal Lukman Basyarahil, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract. Universitas Islam Bandung having value plus the frontline in education affairs and religion. It makes Universitas Islam Bandung more chosen by the potential students especially candidates students waves two and the University of Islam Bandung having the faculty of communication its quality is just as good as a public university in bandung. So many candidates students interested in getting in Fikom Unisba. Universitas Islam Bandung also scored young quality and reliable in the world of work. That reason makes Universitas Islam Bandung much demanded. Many people interested to get into Universitas Islam Bandung especially Fikom Unisba cannot be separated from planning and operations unisba more direct to gratification of desire long term interests students with the academic and obtain scholar quality. Educational institutions like unisba it is not enough to send promotion to the community course, but must also communicate with the community.Research purposes to know the relationship between a strategy of promotion through a www.unisba.com, exhibition, word of mouth with the decision prospective students waves two chose Unisba. Methods used in research is correlational with the data primernya survey, as for the data sekunder is interview, and literature study as a secondary data.Based on the results of the test which has been done, hence writers tried to draw the conclusion that there is a significant relation exists between a strategy of promotion through sites www.unisba.com, the exhibition, word of mouth to the decision of a wave of prospective students two choose Bandung University.

Abstrak.Universitas Islam Bandung memiliki nilai plus yaitu terdepan dalam urusan pendidikan dan agama. Ini membuat Universitas Islam Bandung lebih banyak dipilih oleh calon mahasiswa khususnya calon mahasiswa gelombang dua dan Universitas Islam Bandung memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi yang kualitasnya tidak kalah dari Universitas Negeri yang ada di Bandung. Sehingga banyak calon mahasiswa tertarik untuk masuk pada Fikom Unisba. Universitas Islam Bandung juga mencetak sarjana-sarjana muda yang berkualitas dan dapat diandalkan di dalam dunia pekerjaan. Alasan tersebut yang membuat Universitas Islam Bandung banyak diminati. Banyaknya peminat untuk masuk ke Universitas Islam Bandung khususnya Fikom Unisba tidak terlepas dari perencanaan dan operasi Unisba yang lebih mengarahkan kepada pemuasan keinginan jangka panjang mahasiswa dengan memperhatikan kepentingan nilai akademis dan memperoleh sarjana yang berkualitas. Lembaga pendidikan seperti Unisba tidak cukup hanya mengirimkan promosi kepada masyarakat saja, melainkan harus juga berkomunikasi dengan masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara strategi promosi melalui situs www.unisba.com, pameran, word of mouth dengan keputusan calon mahasiswa gelombang dua memilih Universitas Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan data primernya angket, sementara data sekundernya adalah wawancara, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mencoba menarik kesimpulan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi promosi melalui situs www.unisba.com, pameran, word of mouth dengan keputusan calon mahasiswa gelombang dua memilih Universitas Bandung


Keywords


A strategy of promotion, the site, exhibition, word of mouth.

References


Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2009. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Gramedia

Tankard, Severint, Werner J. James W, Jr. 2011 “Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massaâ€. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4402

Flag Counter   Â