Strategi Persuasif dan Negosiasi PT Persib Bandung Bermartabat dalam Menarik Sponsor

Yusha Nurhadyan, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract.Persib Bandung since the year 2009 has been freed from the aid budget (Budget Revenue and Expenditure) from the City of Bandung. Persib Bandung also has his own company called PT Persib Bandung Bermartabat in order to be able to run the wheel of life more independently whose purpose is to enter the competition and be able to pay the salaries of the players and club officials. This study was made aiming to find out how persuasive and negotiation strategies PT Persib Bandung Bermartabat in attracting sponsors of the competition Torabika Soccer Championship 2016. The discussion in this study covers persuasive techniques messaging integration, persuasive technique reward messaging, persuasive techniques icing messaging delivered by negotiators PT Persib Bandung Bermartabat to sponsor. Then how the characteristics of the negotiators and the stage of the negotiations PT Persib Bandung Bermartabat in an effort to get a sponsor. The method used in this study is a qualitative case study because the object under study here is PT Persib Bandung Bermartabat exercise its functions is to look for and cooperation with companies - companies that are interested in sponsoring the club Persib Bandung. The results of the research that has been conducted shows Persuasive techniques of integration messages used by negotiators PT Persib Bandung Bermartabat in the approach to sponsorship is by listening to what the wishes of the sponsor and deliver what the wishes of PT Persib Bandung in order to exchange ideas , to further mutual unifying vision and the mission will be accomplished together and called cooperation is run is partnered. Persuasive techniques reward messages used by negotiators PT Persib Bandung in the approach to sponsorship is to explain the potential of Persib Bandung Bermartabat which has a Community Bobotoh loyal , value selling players Persib Bandung , big name Persib Bandung and conveying track record for working with sponsors. Icing persuasive techniques used by negotiators message PT Persib Bandung Bermartabat in the approach to sponsorship is to deliver the potential of Persib Bandung is and fit the facts in reality without exaggerated – overstated. Negotiators PT Persib Bandung Bermartabat meet the criteria as a Power Negotiator and negotiations between PT Persib Bandung  Bermartabat run in accordance with the order of the stage - the stage of negotiations.

Abstrak.Persib Bandung sejak tahun 2009 yang lalu sudah terlepas dari bantuan dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Bandung. Persib Bandung pun memiliki perusahaan sendiri yang bernama PT Persib Bandung Bermartabat guna untuk bisa menjalankan roda kehidupannya secara lebih mandiri yang tujuannya adalah untuk mengikuti kompetisi serta bisa membayar gaji para pemain dan ofisial klub. Skripsi ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi persuasif dan negosiasi PT Persib Bandung Bermartabat dalam menarik sponsor pada kompetisi Torabika Soccer Championship 2016. Pembahasan dalam penelitian ini mencangkup teknik persuasif integrasi pesan, teknik persuasif ganjaran (pay-of-tecnique) pesan, teknik persuasif icing (tataan) pesan yang disampaikan oleh negosiator PT Persib Bandung Bermartabat kepada sponsor. Kemudian karakteristik negosiator dan tahap – tahap negosiasi PT Persib Bandung Bermartabat dalam upaya mendapatkan sponsor. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi kasus kualitatif sebab objek yang diteliti disini adalah PT Persib Bandung Bermartabat yang menjalankan fungsinya yaitu menjalin kerjasama dengan perusahaan – perusahaan yang tertarik menjadi sponsor klub Persib Bandung. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan Teknik persuasif integrasi pesan yang digunakan oleh negosiator PT Persib Bandung Bermartabat dalam melakukan pendekatan dengan sponsor adalah dengan mendengarkan apa keinginan dari pihak sponsor dan menyampaikan apa yang menjadi keinginan dari PT Persib Bandung Bermartabat agar saling bertukar pikiran, agar selanjutnya saling menyatukan visi dan misi yang akan dicapai bersama dan menyebut kerja sama yang dijalankan adalah bermitra. Teknik persuasif ganjaran (pay-of-tecnique) pesan yang digunakan oleh negosiator PT Persib Bandung Bermartabat dalam melakukan pendekatan dengan sponsor adalah dengan menjelaskan potensi yang dimiliki Persib Bandung yaitu memiliki Komunitas Bobotoh yang loyal, nilai jual pemain Persib Bandung, nama besar Persib Bandung dan menyampaikan track record selama berkerja sama dengan sponsor. Teknik persuasif icing (tataan) pesan yang digunakan oleh negosiator PT Persib Bandung Bermartabat dalam melakukan pendekatan dengan sponsor adalah menyampaikan potensi yang dimiliki Persib Bandung secara apa adanya dan sesuai fakta  dalam kenyataan tanpa dilebih – lebihkan. Negosiator PT Persib Bandung Bermartabat memenuhi kriteria sebagai Power Negotiator dan negosiasi antara PT Persib Bandung Bermartabat berjalan sesuai dengan urutan tahap – tahap negosiasi.


Keywords


Persuasive, Negotiation, Persib Bandung, Sponsors.

References


Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Dawson, Roger. 2004. Secret Of Power Negotiating. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana . 2000. Ilmu Komunikasi. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Roekomy, R. 1992. Dasar-dasar Persuasi. PT. Cipta Aditya Bakti. Bandung.

Yin, Robert K. 2015. Case Study Research: Design and Methods. Terjemahan Indonesia oleh Djuari Mudzakir, Studi Kasus Desain dan Metode, Depok: PT Raja Grafindo Persada. Cetakan ke 14.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4299

Flag Counter   Â