Peranan Tayangan Indonesia Lawyers Club terhadap Persepsi Hukum Indonesia

Muhammad Wildan, Nova Yuliati

Abstract


Abstract.TVOne as one of televison stations that provides a lot of news programs broadcasts a talkshow program that has a concept of discussing up-to-date laws events in Indonesia. This talkshow is ILC (Indonesia Lawyers Club). It is believed that ILC is a show which is able to give knowledge and comprehension about laws in Indonesia to people, especially Indonesian. The laws problems occured are discussed exhaustively and described from different point of views, so it can give different perceptions from the viewers. Relating to this research, this research aims to discover the perception from the viewers, in this case university students.The theories used in this research are agenda setting and several communication concepts. This research uses descriptive method which only explains the main point of what happen on the research. The population of this research is the students of Geological Engineering 2014 of Universitas Padjajaran. The sample taken for this research  are 62 and it uses slovin formula. This research discusses the duration, frequency, and conflicts arisen from the ILC show that affect the sudents’ knowledge and comprehension about law. The students who watch the show in a short duration are able to know and comprehend about law in Indonesia. Moreover, those who watch the show in a low frequency are also able to know and comprehend about law in Indonesia. Furthermore, the conflicts arisen from the show which consist of the theme, the form of delivery, and the various theme are able to form perceptions about law’s knowledge and comprehension in Indonesia. The law discussed in the show mostly about crimes, corruption, and Indonesian system of laws.

Abstrak.TvOne sebagai stasiun televisi berita menyajikan talkshow yang memiliki konsep membahas hukum indonesia yang terupdate, acara ini adalah ILC (Indonesia Lawyers Club) .ILC dapat dikatakan sebagai sebuah pertunjukan yang dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai hukum indonesia, khususnya masyarakat Indonesia sebagai masalah hukum yang dikupas secara luas dan dapat dijelaskan dari berbagai sisi dan sudut pandang, sehingga dapat memberikan persepsi yang berbeda dari penonton yang melihatnya.Dari penelitian ini di tujukan untuk mengetahui mengenai sebuah persepsi masyarakat yaitu yang di kerucutkan mahasiswa.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Agenda Setting dan beberapa konsep komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif yaitu hanya memaparkan secara garis besar mengenai apa yang terjadi dilapangan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Geologi Unpad Angkatan 2014 dengan sample yang di ambil sebanyak 62 dengan menggunakan rumus Slovin.Penelitian ini membahas tayangan program Indonesia lawyers Club yang mencakup Durasi, Frekuensi, dan Konflik Acara terhadap persepsi yang mencakup Pengetahuan dan Pemahaman hukum indonesia pada mahasiswa. Dengan hasil penelitian bahwa dengan durasi menonton yang rendah bisa membuat mengetahui dan memahami mengenai Hukum Indonesia, berikutnya frekuensi yang rendah bisa membuat mengetahui dan juga memahami mengenai Hukum Indonesia dan yang terakhir dengan konflik acara yang mencakup tema, bentuk penyampaian dan juga variasi tema dapat membuat persepsi yang mencakup pengetahuan dan juga pemahaman mengenai Hukum Indonesia yang mencakup mengenai permasalahan Kejahatan,Korupsi dan juga Kebijakan Hukum yang ada di Indonesia


Keywords


Students’ perception, Indonesia Lawyers Club show, perception of law in Indonesia.

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

________ 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4236

Flag Counter   Â