REPRESENTASI WANITA DALAM TABLOID MOTOR PLUS

Donni Laraswanda, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract. Purpose of this research is to find out about women representation in Motor Plus tabloid. There is a rubric in this tabloid called “Cepot†(Cewek Knalpot) that contains a picture of a seductive woman with sport bike.  Sport bike always identical with masculinity, but the media always choose a woman with seductive appearance to become a photography model with sport bike. Based on analysis using the semiotics paradigm from Roland Barthes and the data from interviews with two lecturers shows that this phenomenon occur because women in the media always considered as a display for viewing and pleasure for men who saw it. Because of that Motor Plus tabloid as a part of the mass media hold that myth and ideology about women and publish it to the public.

Keywords : gender, media, representation

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mencari tahu mengenai representasi wanita dalam tabloid Motor Plus. Di dalam tabloid tersebut terdapat suatu rubrik yang bernama “Cepot†(Cewek Knalpot) yang mana rubrik tersebut menampilkan figur seorang model wanita yang menggoda dengan motor berjenis sport sebagai properti nya. Motor sport selalu identik dengan maskulinitas, akan tetapi media selalu menampilkan model wanita dengan penampilan yang menggoda untuk menjadi model pemotretan dengan motor sport. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan paradigma semiotika dari Roland Barthes dan data-data dari hasil wawancara dengan kedua dosen menunjukan bahwa fenomena ini terjadi dikarenakan wanita dalam media selalu dianggap sebuah pajangan untuk bahan tatapan serta kenikmatan para pria yang melihatnya. Oleh sebab itu tabloid Motor Plus sebagai salah satu bagian dari media massa memegang mitos serta ideologi mengenai wanita tersebut dan mempublikasikannya kepada publik.

 

Kata Kunci : gender, media, representasi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.420

Flag Counter   Â