Aktivitas Kampanye Bidang PPM PON dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Menuju Suksesnya PON XIX
Abstract
Abstract.Sports has a significant contribution to the development of construction in West Java. Sports is also an important factor of regional development that creates an advanced society, prosperous both the body would also spiritual. This shows that sports is not just a routine run of individuals with the purpose of health and fitness only - but the sport has also become an important asset for the community at large. Government's attention to the sport has leading into the PON. Various PR activities were held in pursuit of objectives, one of them is to reach audience as much as possible. PPM is a field on the PON Great Committee conducting a campaign to encourage people's participation in West Java. PPM PON has a target in campaigning and socialization so that the PON can be properly socialized  This study describes how the process of implementation are analyzed based on the theory elements of publicity campaign by the Notes and Wilcox among situasion, objectives, audience, strategy, tactic, timing and evaluation. This research uses descriptive method with the interview data, literature study and observation. The results of the study can be used as an evaluation and a measure of success of a campaign conducted field PPM PON XIX.
Abstrak.Olahraga memiliki kontribusi yang siginifikan bagi perkembangan pembangunan di Jawa Barat. Olahraga juga menjadi faktor penting pembangunan daerah yang menciptakan masyarakat yang maju, sejahtera baik jasmani mau pun rohani. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga bukan hanya sekedar rutinitas yang dijalankan individu dengan tujuan kesehatan dan kebugaran semata – melainkan olahraga juga menjadi aset penting bagi masyarakat secara luas. Perhatian pemerintah terhadap olahraga mendorong lahirnya PON. Berbagai aktivitas PR pun dilaksanakan demi mencapai tujuan yang salah satunya menjangkau audiens seluas-luasnya. Bidang PPM PON adalah bidang di Panitia Besar PON yang melaksanakan kegiatan kampanye untuk mendorong partisipasi masyarakat Jawa Barat. Tujuan Bidang PPM PON adalah melakukan kampanye dan sosialisasi sehingga PON dapat tersosialisasi dengan baik Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan kegiatan yang dianalisis berdasarkan teori elements of publicity campaign oleh Notes dan Wilcox di antaranya situasion, objectives, audience, strategy, tactic, timing dan evaluation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan data wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Hasil penelitian dapat dijadikan bahan evaluasi dan tolak ukur keberhasilan kampanye yang dilakukan Bidang PPM PON XIX. Â
ÂKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianto Elvinaro, 2011. Handbook of Public Relations. Bandung. Remaja Rosdakarya.
_______________, 2011. Metode Penelitian untuk Public Relations – Kuantitaif dan Kualitatif: Simbiosa Rekatama Media.
Gregory, Anne. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta. Erlangga.
Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung, Cetakan ke-14. PT. Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nolte W. Lawrence, and Dennis L. Wilcox, 1984. Effective Publicity How to Reach The Public. United Sates of America. Library of Congress Cataloging in Publication Data.
Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung. Emaja Rosdakarya.
Sumber Lainnya:
Internet:
Website resmi PON-Peparnas http://www.pon-peparnas2016jabar.go.id
http://haryadideni.blogspot.co.id/2014/04/sejarah-olahraga-di-indonesia.html (diakses pada tanggal 11 Februari 2016 pukul 18.45)
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4176
  Â