Efektivitas Forum Peningkatan Kerja dan Focus Group Discussion

Zagita Noviawati, Neni Yuliati

Abstract


Abstract.Communication group in an enterprise is needed to reach a goal from the company, especially give information, the exchange of knowledge and thinking. To achieve the purpose company in accordance with desired required communication group effective. Communication group effective can be seen from a variety of factors, as factors circumstantial and factors personal in the group. So, the title skripsi is “The Effectiveness of Forum Increase Work And Focus Group Discussionâ€. This can be seen in bank rakyat indonesia, as a company that implement communication group forum increase work  and focus group discussion. Communication group activities are aimed to reach a goal from the company to be more developed. Therefore, the importance of effectiveness of the communication group on FPK activities and FGD. The purpose of this research to describe and knows the effectiveness of communication group in the fpk and fgd. An object to be researched is the activity group communication in the forum of the increase work  and focus group discussion in Bank Rakyat Indonesia the branch of Soekarno Hatta Bandung. The problems raised is how factors circumstantial and factors personal applied in FPK and FGD. Methods used is quantitative descriptive considered able to illustrate activities of communication group fpk and fgd. Data research obtained through in-depth interviews. The result of this research is that communication groups of the fpk and fgds showed communication group effective seen from factors affecting efektifan group. Research begins from the circumstantial which is a measure the group consisting of 70 people more but divided into some smaller group, A network of a group that star-shaped to large groups and wheels to clusters of small, cohesion groups with absence of the sense of proximity a fellow member and leadership that applying force democratic. well as the personal that are the needs interpersonal can be seen from the need fill absentee that must be to members of, of communication as provide their opinions and information, and the role of can be seen from the role of a member of a the recipient information.

Abstrak.Komunikasi kelompok dalam suatu perusahaan diperlukan guna mencapai tujuan dari perusahaan, terutama memberikan informasi, pengetahuan dan pertukaran pemikiran. Guna mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan yang diinginkan diperlukan komunikasi kelompok yang efektif. Komunikasi kelompok yang efektif dapat dilihat dari berbagai faktor, seperti faktor situasional dan faktor personal di dalam kelompok. Maka, judul skripsi ini yaitu “Efektivitas Forum Peningkatan Kerja Dan Focus Group Discussionâ€.Hal ini dapat dilihat pada Bank Rakyat Indonesia yaitu sebagai perusahaan yang melaksanakan komunikasi kelompok forum peningkatan kerja (FPK) dan focus group discussion (FGD). Kegiatan komunikasi kelompok tersebut dilakukan guna mencapai tujuan dari perusahaan agar lebih maju. Oleh karena itu, pentingnya keefektifan dari komunikasi kelompok pada kegiatan FPK dan FGD.Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan dan mengetahui efektivitas komunikasi kelompok dalam kegiatan FPK dan FGD. Objek yang diteliti adalah kegiatan komunikasi kelompok dalam forum peningkatan kerja dan focus group discussion di Bank Rakyat Indonesia Cabang Soekarno Hatta Bandung. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana faktor situasional dan faktor personal diterapkan dalam FPK dan FGD.Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang dianggap dapat menggambarkan kegiatan dari komunikasi kelompok FPK dan FGD. Data hasil penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi kelompok dalam FPK dan FGD menunjukan komunikasi kelompok yang efektif dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok. Peneliti meneliti mulai dari faktor situasional yaitu ukuran kelompok yang terdiri dari 70 orang lebih namun dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, jaringan kelompok yang berbentuk bintang untuk kelompok besar dan roda untuk kelompok kecil, kohesi kelompok dengan adanya rasa kedekatan sesama anggota dan kepemimpinan yang menerapkan gaya demokratis.Serta faktor personal yaitu kebutuhan interpersonal ditunjukan dengan adanya kebutuhan mengisi absensi yang wajib bagi anggota, tindak komunikasi seperti memberikan informasi dan pendapat, serta peranan ditunjukan dengan peran anggota sebagai pemberi dan peminta informasi.

 


Keywords


Effectiveness , Communication Group , Focus Group Discussion

References


Goldberg A. Alvin, Larson E. Carl. 1985. Komunikasi Kelompok Proses Proses Diskusi Dan Penerapannya. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rakhmat Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiryanto, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Yahaya Azizi, Suboh Asma, Zakariya Zurihanmi, Yahya Fauziah. 2005. Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. Bentong: PTS Professional.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4101

Flag Counter   Â