Strategi Kampanye Komunitas PRABU (Pahlawan Urang Bandung)

Sandy Prasetya, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract.The communications strategy is essentially planning (planning) and management (management) to achieve a goal, while public relations is a concerted effort continuously deliberately in order to build and maintain mutual understanding between the organization and the community. This study was made to determine how the campaign strategy PRABU community in cleanliness campaign in the city to see the initial planning, selection PRABU name, packaging and communications media of internal and external obstacles in the campaign of cleanliness in the city of Bandung . Researchers used qualitative research methods with case study approach . Researchers collect, process and analyze systematically the strategy of campaigning by community PRABU in the campaign of cleanliness in the city , for the research object under study is Tony Januardi as chairman of the community PRABU and Purwadi Tri Satrio as volunteers from the community PRABU Data collection techniques do do in-depth interviews (in-depth interviews) and using literature study and documentation. From the research that has been done, the researchers obtained results that in the initial planning of this community is formed because of their focus on hygiene in the city of Bandung and formed communities PRABU and packaged in the form of a superhero and the audience that the goal is students from elementary / junior high school , the name of PRABU this appeared originated from a contest conducted by this community , after many names that appear dipilihlah PRABU name or abbreviation of the hero urang Bandung . packaging media community do PRABU include social media , namely Facebook and Twitter and outdoor media are t-shirts and pins. Obstacles faced in the internal sphere is still a lot of members are busy with each and external problems is still the double job with the Bandung Clean Action ( BCA ) and there is no agency that oversees PRABU .

Abstract.Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (Planning) dan management (managemen) untuk mencapai suatu tujuan sedangkan public relations adalah suatu usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi masyarakat. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye komunitas PRABU dalam mengkampanyekan kebersihan di kota Bandung dengan melihat perencanaan awal, pemilihan nama PRABU, pengemasan media komunikasi dan hambatan internal dan external dalam mengkampanyekan kebersihan di kota Bandung.Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis mengenai strategi kampanye yang dilakukan oleh komunitas PRABU dalam mengkampanyekan kebersihan di kota Bandung ,untuk objek penelitian yang diteliti adalah Tony Januardi selaku ketua komunitas PRABU dan Purwadi Tri Satrio selaku relawan dari komunitas PRABU Teknik pengumpulan data yang dilakukan melakukan wawancara secara mendalam ( in depth interview) serta menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa dalam perencanaan awal komunitas ini terbentuk karena adanya fokus dengan kebersihan yang ada di kota Bandung dan dibentuklah komunitas PRABU dan dikemas dalam bentuk superhero dan khalayak yang menjadi tujuan adalah siswa SD/SMP, nama PRABU ini muncul berawal dari sayembara yang dilakukan oleh komunitas ini, setelah banyak nama yang muncul dipilihlah nama PRABU atau singkatan dari pahlawan urang Bandung. pengemasan media yang dilakukan oleh komunitas PRABU meliputi media sosial yaitu facebook dan twitter dan media luar ruang yaitu kaos dan pin. Hambatan yang dihadapi pada ranah internal adalah masih banyak anggota yang sibuk dengan urusan masing masing dan masalah external yaitu masih adanya double job dengan Bandung Clean Action ( BCA) dan belum ada dinas yang membawahi PRABU.


Keywords


Communications Strategy, Campaign, Qualitative Research Methods, Case Studies

References


Alo liliweri, 2011.Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Prenada Media Group

Albig, William ,1983 Komunikasi, Persuasi, & Rektorika, hal 13

Antar, Venus. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengekfektifkan kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi.Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Devito, Joseph, A.1997. Human Communication. New York: Harper Collinc Colege Publisher

Severin, W.J dan J.W Tankard. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan terapan di dalam Media Massa. Jakarta:Kencana.

Schramm Wilbur, 1995. The Process Effect Of Mass Communication, University Of Illinois Press Urbana Sugiyono.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3998

Flag Counter   Â